Evaluasi Implementasi K-13 Berdasarkan Model CIPP di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo

Meiskyarti Luma, Ardianto Tola, Hadirman Hadirman

Abstract


Tulisan ini mendeskripsikan tentang efektivitas komponen konteks, input, proses dan produk dalam mendukung implementasi K-13 pada SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif, yang menunjukkan prosedur dan proses pelaksanaan program. Dalam penelitian ini dianalisis efektivitas masing-masing faktor sesuai dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk).  Studi evaluasi ini dilakukan terhadap 19 orang responden, yakni 1 orang kepala sekolah dan 18 orang guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama. Untuk menentukan efektivitas program, skor mentah ditransformasi ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype model Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi K-13 sangat efektif (73,68%) ditinjau dari komponen konteks; (2) implementasi K-13 sangat efektif (84,21%) ditinjau dari komponen input; (3) implementasi K-13 sangat efektif (94,73%) ditinjau dari komponen proses; dan (4) implementasi K-13 sangat efektif (68,42%) ditinjau dari komponen produk.

Keywords


evaluasi; kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Arifin, Zaenal. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Liderman, M. 2007. Program Evaluasi. Sumber: www.tedi.uq.edu.au/confereces/A_conf/papers/Isaaccs.html diakses 10 Juli 2018.

Manik, Km, Riptiani, I.B. Surya Manuaba, Made Putra. 2015. Studi Implementasi K-13di Tinjau dari CIPP pada Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Pedesaan Kabupaten Badung. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Genesha. Vol. 3. No. 1

Moleong, Lexi J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riptiani, Km Manik,dkk, 2015 “Studi Evaluasi Implementasi K-13ditinjau dari CIPP pada Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Pedesaan Kabupaten Badung” e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembangan MKDP. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Cet.3. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media

Usman, Basyiruddin. 2001. Strategi Belajar Mengajar dan Media Pendidikan. Jakarata: Quantum Press.

Widiyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani, Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i2.1307

Article Metrics

Abstract view : 1679 times
PDF - 880 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)