Kemampuan Memori Khatib dalam Mengingat Materi Khotbah

Rizal Arsyad

Abstract


Tugas intelektual lain yang dialami semua orang dalam menghadapi dunia adalah mengingat berbagai hal. Kita mengalami susahnya berusaha menghafal untuk ujian dan mengalami kesulitan Saat berusaha mengingatingat daftar tanggal atau nama atau berbagai informasi dan aktavitas lainnya. bila memungkinkan kita akan menggunakan alat hantu seperti daftar belanjaan, kalender, ringkasan catatan kecil yang memuat katakata kunci, untuk membantu kita mengingat hal-hal yang kita tahu berdasarkan pengalaman yang biasanya kita lupakan.

Seorang khotib pun dalam menyampaikan khotbah tentu tidak lepas dari kesusahan menghafal dan kesulitan dalam mencamkan kesan. Mencamkan dapat terlaksana secara tidak sengaja apabila kesan yang didapat tidak dengan disertai perhatian. Sedangkan, mencamkan dengan sengaja dilaksanakan dengan penuh perhatian, aktif dan bertujuan.

Menyimpan adalah apa yang telah dipelqiari atau apa yang telah dimasukkan dapat ditimbulkan kembali apa bila dibutuhkan. Memproduksi adalah suatu keaktifan jiwa untuk membangun kembali kesan-kesan yang telah diterimanya.

Kata Kunci: Mencamkan, menyinpan, memproduksi, materi khotib

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v2i2.540

Article Metrics

Abstract view : 145 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)