PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARA.N BERBANTUAN KOMPU'TER MATA KULIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Husni Idris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan dalam mengemhangkan multimedia pembelajaran yang eféktif untuk pembelajaran mata kuliah Teknologi Pendidikan. Multimedià yang dikembangkan memiliki karakferistik sebagai berikut: bersifat interakif, dan mencakup herbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, suara, dan video, ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media, dan jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan multimedia pembelajaran ini.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba, dan distrihusi. Tahap analisis nleliputi analisis tujuan pembuatan dan bentuk pemhllatan produk. Tahap desain meliputi pembuatan prototipe. sloryhoard, dan bahan-hahan yang diperlukan. Tahap produksi meliputi pemasukan semua bahan-hahan yang ada, sinkronisasi dan menguji coba jalannya progranl. Tahap uji coba terdiri atas uji kelayakan terbatas oleh ahli materi dan ahli media, dan uji lapangan yang meliputi: preliminary field testing, main field testing, dan operational field testing. Tahap distribusi yaitu menyebarluaskan produk yang sudah direvisi ke pengguna. Data dikumplllkan menggunakan lembar observasi, kuesioner dan tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba digttnakan untuk memperbaiki multimedia berbasis komputer hasil pengembangan.

Kata kunci: Multimedia, pembelajaran berbantuan komputer, teknologi pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v2i2.544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)