Aktualisasi Pendidikan Islam

Muh. Idris Tunru

Abstract


Salah satu pertanyaan mendasar yang selalu dimajukan terhadap pendidikan  adalah “mengapa sekolah/universitas/ institut atau lembaga persekolahan berlabel Islam cenderung lambat untuk menjadi agent of reform and reconstruction? Ada penilaian bahwa justru lembaga pendidikan formal itulah yang paling koservatif dalam pengertian menjadi pemelihara pandangan lama dan paling lambat menyesuaikan diri dengan perubahan budaya masyarakat. Untuk itu, Ivan Illich, Paulo Friere, dan para pemikir pendidikan lain di Indonesia juga banyak menggugat keberadaan dan mutu pendidikan. Padahal suatu keniscayaan bahwa semangat Islam itu, adalah pembaruan, modernisasi dan aktualisasi ajaran Islam dalam membangun budaya dan peradaban kehidupan manusia yang pernah mencapai puncak kemajuan dan keemasan pada waktu itu. Tulisan ini mencoba menyorot keberadaan Islam dan korelasinya pemikiran umat saat ini.

 

Kata kunci: Tantangan Pendidikan, dan  Aktualisasi Pendidikan Islam


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v3i2.553

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 443 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)