Dasar-Dasar dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam di Indonesia

Mastang Ambo Baba

Abstract


Wacana pendidikan dalam Islam tetap actual dan menarik untuk diperbincangkan. Kenyataanya, dunia pendidikan adalah dunia yang tidak pernah sepi dengan kritikan dan debat akademik, bahkan masalah pendidikan tidak pernah selesai sepanjangsejarah kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan salah satu keunikan manusia jika dibandingkan dengan kehidupan makhluk lain, tidak pernah sepi dari nilai-nilai luhur yang dicita-citakan.

Islam sebagai agama yang menempatkan pendidikan dalam posisi yang sangat penting. Hal ini pula diakui oleh Malik Fajar, bahwa hubungan Islam dan pendidikan bagaikan dua keeping mata sisi uang, artinya Islam dan pendidikan mempunyai hubungan filosofis yang sangat mendasar, baik secara ontologism, epistemologis, maupun aksiologis.

Kata kunci: wacana, pendidikan islam, indonesia

Wacana pendidikan dalam Islam tetap actual dan menarik untuk diperbincangkan. Kenyataanya, dunia pendidikan adalah dunia yang tidak pernah sepi dengan kritikan dan debat akademik, bahkan masalah pendidikan tidak pernah selesai sepanjangsejarah kehidupan manusia.[1] Hal ini dike\arenakan salah satu keunikan manusia jika dibandingkan dengan kehidupan makhluk lain, tidak pernah sepi dari nilai-nilai luhur yang dicita-citakan.

Islam sebagai agama yang menempatkan pendidikan dalam posisi yang sangat penting. Hal ini pula diakui oleh Malik Fajar, bahwa hubungan Islam dan pendidikan bagaikan dua keeping mata sisi uang, artinya Islam dan pendidikan mempunyai hubungan filosofis yang sangat mendasar, baik secara ontologism, epistemologis, maupun aksiologis

[1]  Mastuhu, memperdayakan sistem ajaran Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999), h. 29


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v6i1.616

Article Metrics

Abstract view : 622 times
PDF - 4599 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)