Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Taksifi 1 MTs. Negeri 1 Manado

Marlina Maladjim

Abstract


Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai aktivitas guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran 3,42 dengan kategori baik pada siklus I dan 3,55 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas peserta didik secara klasikal 87,24% pada siklus I dan 91,90% pada siklus II. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I, 74% dengan DSK 75% dan Siklus II, 85% dengan DSK 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII Taksifi 1 MTs. Negeri 1 Manado.

 Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar

Abstract

The results showed the average value of teacher activity in managing learning activities 3.42 with good category in cycles I and 3.55 with very good category in cycle II. Student activity is 87,24% classically in cycle I and 91,90% in cycle II. Completeness learners learners in cycle I, 74% with DSK 75% and Cycle II, 85% with DSK 87%. Thus it can be concluded that the application of cooperative learning model type TGT on science learning can improve the activity and learning outcomes of students class VIII Taksifi 1 MTs. Negeri 1 Manado.

Keywords: Cooperative Learning Model TGT type, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Muhammad Nur dan Prima Retno Wikandari. (2001). Pengajaran berpusat kepada Peserta didik dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: University Press. Pusat studi Matematika dan IPS sekolah Unesa.

Muslimin Ibrahim, D. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press. Pusat studi Matematika dan IPS sekolah Unesa.

Ngainun Naim. (2011). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robert E. Slavin. (2011). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suharsimi Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i1.888

Article Metrics

Abstract view : 598 times
PDF - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)