Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Di Smk Swasta Kota Manado

Abdul Latif Samal

Abstract


Tujuan dari peneitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang mempengaruh pengawasan utama, iklim kerja sekolah, dan penguasaan materi pelajaran sejarah terhadap kualitas tes buatan guru. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta di Kota Manado yang melibatkan 50 (lima puluh) orang guru sejarah sebagai sampel peneitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengawasan utama memiliki pengaruh positif langsung terhadap kualitas tes buatan guru, 2) iklim kerja sekolah memiliki pengaruh positif langsung terhadap kualitas tes buatan guru, 3) penguasaan materi pelajaran (sejarah) memiliki pengaruh positif langsung terhadap kualitas tes buatan guru, 4) pengawasan utama memiliki pengaruh postif langsung terhadap penguasaan materi pelajaran, dan 5) suasana pekerjaan sekolah memiliki pengaruh positif langsung terhadap penguasaan materi pelajaran (sejarah).

Kata Kunci: Supervisi kepala sekolah, Kualitas Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Alfonso, Robert J., Gerald R. Firth, dan Richard F. Neville. Instructional Supervision: A Behavour System. Boston: Allyn and Bacon, Inc., 1981.

Barnadib, Imam. Filsafat Pendidikan Sistem dan Metode. Yogyakarta: Andi Ofset, 1997.

Bloom, B. S., M. D. Engelhart, E. J. Furst, W. H. Hill, dan D. R. Krathwohl. Taxonomy of Educational Objectives: The Classifivation of Educational Gosld. Handbook 1 Cognitive Domain. New York: David Mickay, 1956

Burton, William H. Supervision: A Social Process. Appleton-Century Crofs Inc., 1995

Davis, Keith. Human Behavior at Work Organizational Behavior. New York Marawhill Service, 1989.

Lussier, Robert N. Human Relations in Organizations: A Skill Building Approach. New York: IRWIN, 1999.

O’Donnel, S. J. James, For The Cosen Frew: A Guide to Classroom Supervision. Manila: Cacho Publishing House, 1995.

Owen, Robert G. Organizational Behavior in Education. Singapura: Allyn and Bacon, 1991.

Remmers, H. H, dan N. L. Gage. Educatioanl Measurement and Evaluation. New York: Harper & Brothers Publisher, 1991.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Suharsaputra, U. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Wirawan. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.917

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.