Analisis Strategi Metakognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika

Ryan Nizar Zulfikar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta memaparkan strategi metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Strategi metakognisi merupakan proses yang berurutan yang digunakan untuk mengontrol aktivitas kognitif dan memastikan bahwa tujuan kognitif telah dicapai. Penggunaan Strategi metakognitif dalam pemecahan masalah matematika akan menuntun siswa untuk memahami dan mengontrol proses berpikirnya, menganalisis, objektif, cermat dan logis dalam memecahkan masalah matematika yang sedang dihadapinya. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP N 16 Kupang, yang terdiri dari 34 siswa dengan menggunakan metode angket, soal tes dan dilengkapi dengan adanya wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat aspek metakognitif yaitu: aspek kesadaran, aspek strategi kognitif, aspek perencanaan dan aspek pengecekkan kembali mendapatkan respon siswa pada rata-rata 2.90, 2.74, 2.95, 2.90 serta diperkuat oleh hasil pengerjaan soal dan wawancara, maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan strategi metakognitif siswa dalam memecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 16 Kupang dapat dikelompokan ke dalam katagori baik.

Kata kunci:      Pemecahan Masalah, Matematika, Strategi metakognitif

 

Abstract

This study aimed to describe and explain the student metacognitive strategies in solving mathematical problems. Metacognitive strategies is a sequential process that is used to control the cognitive activity and ensure that the cognitive objectives have been achieved. The use of metacognitive strategies in solving mathematical problems will lead students to understand and control the process of thinking, analyzing, objective, accurate and logical in solving mathematical problems at hand. The experiment was conducted in class VIII SMP N 1 Kupang, which consists of 34 students by using questionnaires, test questions, and features an interview. Based on the results of the study showed that of the four aspects of metacognitive namely: Aspects of consciousness, aspects of metacognitive strategies, planning aspects and aspects checking back to get the average student response 2.90, 2.74, 2.95, 2.90, and reinforced by the workmanship about and interviews, it can be concluded that metacognitive strategies in a student's ability to solve mathematical problems in SMP N 16 Kupang can be grouped into either category.

Keywords:        Math , Problem Solving, Metacognitive Strategies

Full Text:

PDF

References


Anggo, S., & Dkk. (2014). Strategi Metakognisi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Kendari: Unhalu Kendari.

Nuryana, E., & Sugiarto, B. (2012). Hubungan Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-I SMA Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1).

PISA. (2003). The OECD Programme for Internation Student Assessmen.

Schneider, & Wolfgang. (2008). The Development of Metacognitive Knowledge in Children and Adolescents: Major trends and Implications for Education. Journal Compilation: International Mind, Brain, and Education Society.

Shadiq, F. (2007). Lokakarya Pembelajaran Matematika dengan tema “Inovasi Pembelajaran Matematika dalam Rangka Menyongsong Sertifikasi Guru dan Persaingan Global.” Yogyakarta.

Suherman, & Dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI.

Sumawan, D. (2012). Profil Metakognisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Matematikanya. Pasca Sarjana UNESA




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.937

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.