Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ilmiah ini menerima artikel dalam bidang Hukum Islam, Hukum Keluarga, Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah), serta Hukum dan masyarakat.

Setiap penerbitan sebanyak 5 artikel. Mulai 2018 akan bertambah menjadi 10 artikel, seluruh artikel hanya berbasis riset.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses Penyuntingan artikel melibatkan minimal 2 orang mitra bestari yang sesuai dengan keahliannya. Proses review menggunakan pola double blind. Pihak penulis tidak dikenakan biaya proses review.

Sebelum diserahkan ke mitra bestari, editor akan melakukan pengecekan plagiasi dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu Google Scholar, Turnitin.

 

Publication Frequency

Jurnal ilmiah Al-Syir'ah diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

Setiap artikel yang diterbitkan di Jurnal Ilmiah Al-Syir'ah tidak membayar apapun untuk biaya penerbitan. Untuk biaya penerbitan disiapkan dengan dukungan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

 

Jurnal Ilmiah Al-Syir'ah

Jurnal Ilmiah ini diterbitkan oleh Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, sebagai wadah komunikasi ilmiah dalam kajian Hukum, Hukum Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Kemasyarakatan.

Jurnal ilmiah al-Syir'ah menerima artikel penelitian, ulasan kritis, dan tinjauan buku/literatur. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember.