Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Al-Syir'ah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL 

Petunjuk gaya penulisan Journal Al-Syir'ah IAIN Manado dijelaskan pada Edisi Keenam Manual Publikasi the American Psychological Association(APA) Tahun 2009.

Setiap penulis tidak dibebani biaya untuk submit ke Jurnal Ilmiah Al-Syir'ah.

Gaya Penulisan

Ukuran dokumen harus  8 1/2 x 11 – inch.

Naskah harus spasi ganda dengan margin 1 inch pada semua sisi.

Ukuran ketikan harus 12 point Times New Roman.

Dokumen dalam format Microsoft Word.

Ketik hanya satu spasi sesudah tanda titik atau tanda baca yang lain.

Ketik in-note pada naskah.

Sub-heading harus dinomor dengan cara seperti ini 1.1 dan seterusnya

Judul artikel, nama penulis, dan informasi kontak lain hanya ditulis pada halaman pertama naskah guna menyembunyikan identitas pada proses review.

Ketik running head pada bagian atas sis kiri halaman judul, lalu centered dalam ukuran 14 point, bold dalam Times New Roman.

Hanya huruf pertama dari judul yang ditulis dengan huruf capital.

Nama-nama penulis harus ditulis secara berurut sesuai tingkat kontribusi.

Byline harus mencakup dua bagian, yaitu nama penulis dan afiliasi institusionalnya.

Untuk informasi kontak, alamat afiliasi dan email penulis harus dituliskan.

Halaman harus diberi nomor secara berurut, mulai dari halaman setelah halaman judul.

Nomor halaman harus muncul di bagian kanan atas pada setiap halaman.

Running head harus disertakan lima spasi dari sisi kiri nomor halaman.

Abstrak

Pastikan untuk menyertakan abstrak informatif dalam satu paragraf terdiri dari 100-120 kata.

Judul lengkap artikel harus dicantumkan di atas abstrak.

Lima kata kunci harus dicantumkan pada bagian bawah abstrak

Panjang

Panjang tulisan tidak kurang dari 10 halaman dan tidak lebih dari 20 halaman, termasuk daftar referensi.

Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar harus dapat dimengerti, terlepas dari teks.

Setiap tabel dan gambar harus disebutkan dalam teks, diberi judul, dan secara berurut dinomori dengan angka Arab.

Tabel dan gambar ditempatkan pada bagian atas naskah, dekat pada teks dimana ia disebutkan.

Ketik kata “Tabel” atau “Gambar” tanpa menggunakan <>, dan tulis angka Arab pada posisi kiri di bagian atas tabel dan di bagian bawah figure.

Beri spasi dua dan beri judul pada tabel atau gambar pada posisi condong ke kiri.

Hanya huruf pertama pada judul yang ditulis dengan huruf kapital.

Footnotes

Footnote harus dihindari. Informasi tambahan harus dimasukkan dalam teks. Apabila footnote terpaksa harus digunakan, ia harus diketik di atas kertas terpisah. Ia juga harus dimasukkan pada akhir naskah sebelum Tabel dan Gambar.

Susunan Halaman Naskah

Halaman judul, mencakup running head, judul, byline dengan afiliasi institutisi, dan informasi kontak penulis (halaman terpisah, tanpa nomor halaman)

Abstrak (halaman terpisah, nomor halaman 1)

Teks (mulai pada halaman terpisah, nomor halaman 2)

Referensi (mulai pada halaman terpisah)

Appendiks (mulai pada halaman terpisah)

Footnote (dalam satu daftar, mulai pada halaman terpisah)

Tabel (mulai pada halaman terpisah)

Gambar (mulai pada halaman terpisah)

Referensi

Format Referensi

Sebuah daftar referensi hanya dapat mencakup referensi yang benar-benar dikutip dalam teks. Referensi harus diidentifikasi dengan menyertakan nama penulis, dengan tahun penerbitan dalam kurung. Apabila ada beberapa tulisan yang ditulis oleh pengarang yang sama dan dari tahun yang sama, a. b. c. dan seterusnya harus diletakkan sesudah tahun publikasi.

Contoh untuk Buku

Hegel, G. W. F. (1977). Phenomenology of spirit. Oxford: Oxford University Press.

Salvia, J., & Yesseldyke, J. E. (1995). Assessment (6th ed.). Boston, MA: Houghton Mifflin Company.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Priniciples and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Winitz, H. (Ed.). (1981). The comprehension approach to foreign langua instruction. New York: Newbury House.

Contoh untuk Artikel Jurnal

Caterall, J. S. (1998), Risk and resilience in student transition to high schools. American Journal of Education, 106(2), 302-333.

Rynders, J., Abery, B. H., Spiker, D., Olive, M. L., Sheran, C. P., & Zajac, R. J. (1997). Improving educational programming for individuals with down syndrome: Engaging the fuller competence. Down Syndrome Quarterly, 2, 1-11.

Miller, F. H., Choi, M. J., Angeli, L. L., Harland, A. A., Stamos, J. A., Thomas, S. T., . . . Rubin, L. H. (2009). Web site usability for the blind and low-vision user. Technical Communication, 57, 323-335.

Contoh untuk Sebuah Artikel atau Bab dalam Buku Bungarampai

Lee, V. E. (1999). School size and the organiztion of secondary schools. In M. T. Hallinan (Ed.), Handbook of the sociology of education (pp. 327-344). New York: Kluwer Academic/Plenum.

Contoh untuk Artikel Majalah atau Koran

Gardner, H. (1981. December). Do babies sing a universal son? Psychology Today, 70-76.

Seo, H. Y. (2004, September 8). Fun becomes keyword in children’s education. The Korea Times, p. 4.

Contoh untuk Laporan

Yi, J. T., Kim, Y. H., Kim, J. W., Ryu, B. R., & Yun, J. H. (2001). The reality and causes of school education crisis in Korea (Repot. No. ER 2001-1). Seoul: Korean Educational Development Institute.

Gottfredson, L. S. (1980). How valid are the reinforcement pattern scores? (Report No. CSOS-R-292). Baltimore, MD: Johns Hopkins University, Center for Social Organization of Schools. (ERIC Document Reproduction Service No. ED 182 465)

Contoh untuk Proceeding Pertemuan dan Simposium

White, L. (1996). The tale of the ugly duckling. In D. Cahana, L. Hughes, & A. Zukowske (Eds.), Proceedings of the 20th Boston University Conference on Language Development (pp. 83-92). Somerville, MA: Cascadilla Press.

Arimoto, A. (2004, February). Centralization and decentralization of higher education institutions: with focus on Japanese case. Paper presented at the 2004 KEDI-World Bank International Seminar of the Korean Educational Development Institute, Pohang, Korea.

Contoh untuk Disertasi Doktoral atau Tesis Master

Kevins. G. M. (1981). An analysis of ESL learners’ discourse patterns. Unpublished doctoral dissertation. McGill University, Montreal.

Contoh untuk Sumber dari Internet

Feenberg, A. (1999). Distance learning: Promise or threat? Retrieved January 6, 2000, from http://www.rohan.sdsu.edu/faculty/feen berg/TELE3.html.

Contoh untuk Materi tidak Berbahasa Inggeris

Piaget, J., & Inhelder, B. (1951). The origin of the idea of chance in the child. Paris: Presses Universitaires de France. (In French)

Jang, S. (2003). Financial, economic and educational analysis of class size policy. (Report No. RR 2003-7). Seoul: Korean Educational Development Institute. (In Korean)

Format Kutipan Referensi dalam Teks

Semua referensi monograf, artikel, sumber-sumber statistik diidentifikasi pada tempat yang tepat dalam teks dengan nama akhir penulis, tahun penerbitan, dan dilengkapi nomor halaman saat diperlukan, semuanya berada dalam kurung. Footnote hanya digunakan untuk sebuah catatan subtantif. Cantumkan saitasi berikut dari sumber yang sama dengan cara yang sama. Jangan menggunakan “ibid.,” “op.cit.,” atau “loc.cit.”

Tips Umum

  1. Pengurutan mengikuti tahun penerbiatan: (Lipset 1964, pp. 61-65).
  2. Jika penulis lebih dari tiga orang, gunakan “et al.”
  3. Jika penulis atas nama institusi, berikan keterangan identifikasi secukupnya: (U.S. Bureau of the Census 1963, p. 117)
  4. Jika ada lebih dari satu referensi dari penulis yang sama pada tahun yang sama, bedakan mereka dengan menggunakan huruf (a, b, c, dst) yang disertakan pada tahun penerbitan: (1965a)
  5. Masukkan sejumlah referensi dalam satu tanda kurung, dipisahkan dengan tanda titik koma: (Duncan 1959; Gouldner 1963; Lipset 1964, pp. 61-65).

Contoh Pengutipan Referensi

Satu Karya oleh Satu Penulis:

Dia berargumen, “waktu terbaik untuk membakar apple pie … adalah pada musim panas” (Jones, 2003, p. 17). Jones (2003) menemukan bahwa “waktu terbaik untuk membakar apple pie … adalah pada musim panas” (p. 17).

Satu Karya oleh Dua Penulis:

Kim dan Lee (1965) berpendapat pada artikel terdahulu (Kim & Lee, 1963) menentang penggunaan seorang penerjemah dalam acara pertemuan.

Satu Karya oleh Lebih dari Dua Penulis dan Kurang dari Enam:

Kutipan pertama: Thrower, Beckham, Potter, Kang, and Henderson (1982) menegaskan bahwa…

Kutipan kedua: Thrower et al. (1982) menganalisa dari data yang dikumpulkan …

Satu Karya oleh Lebih dari Tujuh Penulisa:

Fulton et al. (1993) tidak sependapat dengan sentiment bahwa …

(Jika sebuah referensi memiliki penulis hingga tujuh orang, tuliskan semua nama mereka dalam daftar referensi.)

Dua atau Lebih Karya dalam Tanda Kurung yang Sama:

Firth (1986, 1989, 1994) melaporkan bahwa banyak studi (Gosden, 1992; Hanania & Akhtar, 1985; Hopkins, 1987, 1988a, 1989; Tarone et al., 1981) bergantung pada …

Penulis dengan Nama Akhir yang Sama:

H. D. Brown (1993) dan J. D. Brown (1944) setuju bahwa …

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Hak cipta penyebaran terletak di penerbit yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Adapun hak intelektual tetap berada di penulis masing-masing.

 

Privacy Statement

Nama dan email yang didaftarkan kedalam portal jurnal IAIN Manado, hanya akan digunakan untuk kepentingan pengelolaan jurnal semata-mata. Tidak akan digunakan untuk kepentingan yang lain.