METODE PEMBELAJARAN DISCRETE TRIAL TRAINING (DTT) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERWUDHU BAGI ANAK AUTIS

Mauliya Nandra Arif Fani

Abstract


ABSTRACT

Education is the right of every citizen regardless of any physical abnormality to form people who are faithful and devoted to God Almighty, have a noble character, are healthy, knowledgeable, capable, creative, independent, and become democratic and responsible citizens. Thus, children with special needs have the right to get an education, including religious education as a solution in order to achieve these goals. Therefore, this study aims to train the ability of ablution for children with autism so that they can worship like children in general. This study uses the literature study method, namely by making observations on relevant library books and scientific articles and then concluding. The results of this study indicate that the Discrete Trial Training learning method has a positive impact on practicing ablution for children with autism, marked by a good response. In this method, there is a repetition of the behavior. Appropriate behavior is rewarded, while inappropriate behavior does not receive a reward, thus stimulating to show the expected behavior.

Keywords: Discrete Trial Training, Wudu, Autism

 

ABSTRAK

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara tanpa memandang kelainan fisik apapun dengan tujuan membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan demikian, anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk mendapat pendidikan, termasuk pendidikan agama sebagai solusi dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berwudhu bagi anak autis agar dapat beribadah seperti anak pada umumnya. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan melakukan observasi pada buku-buku perpustakaan dan artikel ilmiah yang relevan kemudian disimpulkan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Discrete Trial Training memberi dampak positif dalam melatih kemampuan berwudhu bagi anak autis ditandai dengan adanya respon yang baik. Dalam metode ini terdapat pengulangan tingkah laku. Tingkah laku yang sesuai mendapat hadiah sedangkan tingkah laku yang tidak sesuai tidak mendapat hadiah sehingga merangsang untuk menunjukkan tingkah laku yang diharapkan.

Kata Kunci: Discrete Trial Training, Berwudhu, Autis

Full Text:

PDF

References


Afiyah. Dkk. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru, Generasi Emas V 2 No. 1.

Anjarsari, A. D., dkk.(2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo,” Jurnal Pendidikan Inklusi V 1 No. 2.

Holida, N. (2008). Penerapan metode lovas pada pembelajaran PAI untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Cakra Atisme Terapi Surabaya. Tesis. IAIN Sunan Ampel Surabaya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

MIF, Baihaqi. (2006) Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: Refika Aditama.

Maulana, M. (2007). Anak Autis. Yogyakarta: Kata Hati.

Rahayu, S. M. (2014). Deteksi dan Intervensi Dini pada Anak Autis, Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 3 No. 1. h. 421-422.

Rani. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1 No. 3. h. 320-321.

Safaria, T. (2005). Autisme Pemahaman Baru Untuk Hidup Bermakna. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susumaningrum, L. A. Dkk. (2019). Hubungan Parenting Self-Efficacy dengan Kemampuan Melakukan Activity Daily Living (ADL) pada Anak Autis di SLB-B & Autis TPA Jember. Jurnal Pendidikan Inklusi, Vol. 2 No. 2, h. 66.

Sukinah. Pembelajaran Anak Autis. Artikel. diakses melalui http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313276/pendidikan/PEMBELAJARAN+ANAK+AUTIS.pdf. pada 13 November 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v1i2.1392

Article Metrics

Abstract view : 2587 times
PDF - 1825 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, ISSN 2723-4363 (Online) indexed by :

     
           

 

 

JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.