Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu

Nurhayati Nurhayati, Sya'ban Mauluddin, Widiawati Mokodongan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk menggambarkan data hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Poyowa Besar Kotamobagu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Poyowa Besar Kotamobagu menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, bahasa isyarat, dan metode membaca gerak bibir. Materi yang diberikan adalah materi tentang wudhu, sholat, menghapal surah pendek, dan materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik berkebutuhan khusus. Untuk media pembelajaran menggunakan buku-buku pelajaran pendidikan agama Islam, spidol, papan tulis, dan alat peraga. Adapun untuk evaluasinya terdiri dari ulangan harian dan ulangan semester dengan bentuk tes tertulis dan praktek. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran ini yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai, kurangnya pengetahuan guru akan bahasa isyarat, beragamnya jenis ketunaan yang ada di dalam kelas sehingga membuat guru sulit untuk mengontrol peserta didik, dan kurangnya guru pendidikan agama Islam serta tidak memiliki tenaga ahli berupa psikolog atau skiater untuk mengidentifikasi kategori dari masing- masing anak berkebutuhan khusus.

Full Text:

PDF

References


Atmaja, Jati Rinakri. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Delphie, Bandi. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Suatu Pengantar dalam Pendidikan Inklusi. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Garnida, Dadang. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT. Refika Aditama, 2015.

Haenudin. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta : PT. Luxima Metro Media, 2013.

Hamzah. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Hanum, Lathifah.”Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol XI No. 2 Desember 2014.

Haosari, riani Indri dan Mardiana. Empati dan Motivasi Kerja Guru Sekolah Luar Biasa, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: Vol. 5 No. 1 (April).

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, [t.t.] (PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.

Maftuhin, M. dan Jauhar Fuad, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus”, Journal, An-nafs: Vol. 3 No. 1 Juni 2018.

Novayani, Irma. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Bagian B (Tunarungu) – C (Tunagrahita) Dharma Wanita Propinsi Nusa Tenggara Barat, (Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2015).

Pandji, Dewi. Sudahkah Kita Ramah Anak Special Needs ?. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, [t.t].

Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia, 2007.

Rochmah, Siti Khosiah. Strategi Pembelajaran PAI Pada Peserta Didik Tuna Grahita Sekolah Dasar Kelas Awal di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Pembina Tingkat I Cilandak Lebak-Bulus Jakarta Selatan, Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 01, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA, 2017.

Wardani, IG. A.K., Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Wulandari, Ria. “Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) Di SMPLB Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016”, (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Semarang


Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 420 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam, ISSN 2471-2149 (Online)