Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam

Rivai Bolotio, Muhammad Imran, Dewi Afiatul Qutsiyah

Abstract


Jurnal ini mengkaji tentang Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kajian ini dilatar belakangi kekhawatiran akan arus informasi yang semakin masif dan tidak terkontrol lagi ditambah anak-anak bangsa banyak yang terjerumus kedalam hal-hal negatif dan anarkis. Sebagai orangtua mempunyai tugas yang sangat penting dalam menerapkan pendidikan pertama untuk generasi muda khususnya pendidikan anak dalam kandungan (Pendidikan Pranatal). Namun permasalahan seringkali muncul, mana kala orang tua kurang menyadari pentingnya mendidik anak dalam kandungan. Pendidikan Pranatal seringkali diabaikan. Menjaga anak dalam kandungan sekedar merupakan kewajiban orang tua agar anak lahir sehat, tidak cacat, dan tidak keguguran. Bahkan orang tua juga beranggapan bahwa mendidik anak itu dimulai dari anak di lahirkan. Melihat permasalahan tersebut, penulis mengkaji dan menganalisis Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunkan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam hal ini ialah melakukan identifikasi wacana, dari buku-buku, artikel, jurnal, web (internet), atau informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitidan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah content analysis (analisis isi).
Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan, maka penelitian ini berkesimpulan bahwa Konsep Pendidikan Pranatal dimulai dari masa prakonsepsi, konsepsi dan pasca konsepsi yaitu pertama, pemilihan jodoh yang sesuai dengan aturan agama: dilihat dari kecantikan/ ketampanan, nasabnya, kekayaan, dan yang paling penting adalah agamannya. Kedua, penikahan. Ketiga pertumbuhan janin mulai dari nuftah, alaqah, mudghah, idzaman hingga menjadi makhluk yang berbentuk lain.. Keempat, masa kehamilan hingga faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan anak dalam kandungan seperti faktor genetik/keturunan, makanan, dan lingkungan. Konsep Pendidikan Pranatal di atas ketika dilihat dari Perspektif Pendidikan Islam akan mewujudkan Implemetasi Nilai-nilai Pendidikan Pranatal dalam pembentukan karakter anak seperti halnya meningkatkan kemampuan IQ, EQ, SQ, dan untuk meningkatkan ketiga kemampuan tersebut maka harus menggunakan beberapa metode dalam pendidikan pranatal sehingga dapat merangsang aktivitas anak dalam kandungan sehingga interaksi anak dengan otang tua sudah terjalin sejak dini. Dari beberapa metode-metode yang dilakukan diatas juga akan meningkatkan dan memperkuat niali- nilai Akidah, Akhlak dan ibadah.
Kata Kunci: Pendidikan Pranatal, Pendidikan Islam, Pembentukan Karakter Anak


Full Text:

PDF

References


A. Tafsir, dkk. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.

Adhim, Muhammad Fauzil. Positive Parenting: Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda. Bandung: PT Mizan Pustak, 2006.

Adhim,Mohammad Fauzil. Segenggam Iman Anak Kita, Yogyakarta: Pro U Media, 2013.

Ar-Rifai, Muhammad Nasib. Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Baihaqi A.K.H., Mendidik Anak dalam Kandungan Menurut Ajaran Pedagogis Islam, Jakarta: Darul Ulum Press, 2003.

Carr, F. Rene Van de dan Lehrer, Marc.Cara Baru Mendidik Anak sejak dalam Kandungan, Bandung: Penerbit Kaifa, Edisi Baru 2008.

Hafidz, Muhammad Nur Abdul. Mendidikan Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Al-Bayan, 1997.

Hasan, M. Tholhah. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Keluarga, Jakarta: Mitra Abdi Press, 2009.

Ichromi, Rohma Nur. Konsep pendidikan prenatal menurut Dr. Mansur, M.A dan Ubes Nur Islam, Skripsi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016)

Kasana, Mivtahul dan Sari, Anggraeni Novita. Pendidikan Pranatal Yahudi dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam, Academica (Journal Of Multidisiciplinary Studies) 1, no. 2 (2017), h. 205

Laila, Qumi. Stimulus Kecerdasan Spiritual Anak Pada Periode Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Islam. Mudarrisa 1. No. 1 (2009), h. 69.

Mansur, Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, Yogyakarta,: Mitra Pustaka, 2014.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Jakarta, 2004.


Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam, ISSN 2471-2149 (Online)