Analisis Penggunaan Aplikasi Quipper School Dalam Proses Pembelajaran Rumpun PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung

Wadan Anuli, Ishak Talibo, Sarina Mochtar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI yang digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai sarana pendukung kegiatan belajar dan apa manfaat penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri atas guru mata pelajaran rumpun PAI, peserta didik, kepala madrasah, dan ambassador, sedangkan sumber data sekunder meliputi dokumen, catatan, dan dokumentasi peserta didik dan guru rumpun PAI. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan/verifikasi data. Selain itu, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dua cara yakni triangulasi sumber triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI sudah cukup maksimal. Hal ini nampak dari adanya fasilitas berbasis teknologi yang memadai, pembelajaran yang ada di MAN 1 Bitung sudah 90% pembelajaran dilaksanakan secara online dengan berbasis pada penggunaan aplikasi quipper school, dan hampir semua guru mata pelajaran di MAN 1 Bitung sudah menguasai pembelajaran berbasis teknologi; 2) Penggunaan apilkasi quipper school memberikan manfaat baik bagi guru mata pelajaran rumpun PAI dan peserta didik diantaranya : 1) Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran rumpun PAI, 2) Membantu guru dalam menyampaikan materi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena penggunaan aplikasi quipper school tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan situasi. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI sudah maksimal dan memberikan manfaat yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dapat disarankan penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran rumpun PAI.
Kata kunci: Quipper school, Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


Anuli, Y. Wadan, Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Quipper School Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Madrasah Aliyah Yaspib Kota Bitung, IAIN Manado, 2016.

Ali, Selvy M, Guru Mata Pelajaran Alqur’an dan Hadist, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, 2020.

Bintang, Peserta Didik kelas X IIK, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, 2019.

Djafar, Andri Efendi, Staf Kesiswaan Proktor UBK dan Guru Mata Pelajaran Fiqh, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, 2019.

Hubulo, Zakir TM, Ambassador Aplikasi Quipper School, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, 2019.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Natunggele, Arifin, Wakil Kepala Urs Sapras, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, 2019.

Nuna, Sitti J, Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, 2020.

Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2011.

Sukmadinata, Nanasyaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Uma, Elisa Rokhimatul, Pemanfaatan Quipper School Di Kalangan Siswa SMA (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam, ISSN 2471-2149 (Online)