Pola Pendidikan Keagamaan Dalam Menyikapi Resiliensi Di Panti Asuhan Darul Istiqamah

Ismail Usman, Abrari Ilham, Wulandari Tabo

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pola Pendidikan Keagamaan Dalam Menyikapi Resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah Manado. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan keagamaan dalam menyikapi resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala pada pola pembinaan pendidikan keagamaan dalam menyikapi resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Pola pendidikan keagamaan dalam menyikapi resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah Manado, yaitu membiasakan anak asuh membaca Al-Qur’an, melaksanakan sholat berjama’ah, muroja’ah hafalan, latihan dakwah, dan kajian umum, kemudian ada juga kegiatan setiap bulan sekali yaitu dakwah syariah. Adapun kendala yang ditemukan pada penelitian ini yaitu karakter anak yang masih mengikuti kebiasaan dari luar, masih kurangnya pemahaman tentang ilmu agama, terbatasnya tenaga Pegasuh, dan terbatasnya sarana prasarana. Untuk memperbaiki kendala tersebut, yaitu melalui kegiatan-kegiatan pendidikan keagamaan yang dilaksanakan di Panti Asuhan, dan untuk terbatasnya tenaga Pengasuh, di Panti Asuhan Darul Istiqamah terbantu dengan para Pembina yang mengabdi setelah lulus dari MA Darul Istiqamah, kemudian pada sarana prasarana Panti Asuhan Darul Istiqamah masih terbantu dengan menggunakan sarana prasarana Pesantren. Resiliensi dalam hal ini yang menjadi sumber-sumber pembentukan resiliensi pada anak asuh di Panti Asuhan Darul Istiqamah Manado, yaitu: I have (sumber dukungan sosial). I am (kemampuan individu) dan I can (kemampuan sosial dan interpersonal).
Kata kunci : Pendidikan Keagamaan, Resiliensi


Full Text:

PDF

References


Abdoellah, Oekan S.. Ekologi Manusia dan Pembangunan Berkelanjutan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017

Acetylena, Sita. Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara, Malang: Katalog Dalam Terbitan, 2018.

Ali Jumbulati dan Abdul Futuh Tuanisi, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Azra, Azyumardi. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Burhanudin, Yusak. Kesehatan Mental Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKKI, Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2005.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Dharma, Kelana Kusuma Pemberdayaan Keluarga untuk Mengoptimalkan Kualitas Hidup Pasien Paska Stroke, Cet. I; Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Haryanti, Nik Ilmu Pendidikan Islam, Malang: Gunung Samudera, 2014.

Hendriani, Wiwin. Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar, Jakarta: Kencana, 2018.

Khozim, Wahid. “Pendidikan Keagamaan Pada Komunitas Anak Jalanan”, Bandung: Alfabeta, 2006.

Lubis, Rissalwan Habdy. Spiritualitas Bencana, Cet. I; Depok: Lembaga Kemitraan Pembangunan Sosial, 2019.

M.K., Muhsin. Mari Mencintai Anak Yatim, Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Cet. II; Jakarta: Kencana, 2017.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah, 2017.

Muhammad, Abu Bakar Pedoman Pendidikan dan Pelajaran, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.

Nasution, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Jermars, 1998.

Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah, Depok: Kencana, 2017.

Tri Kemba