Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tata Cara Berwudhu untuk Mahasiswa Program Studi Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Agung Budi Santoso, Nur Fadli Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kebermafaatan multimedia pembelajaran interaktif tata cara berwudhu pada mahasiswa program studi agama islam negeri manado.
Penelitian Pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi (a) tahap perencanaan (planning), (2) tahap desain, dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, serta uji beta yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi PAI IAIN Manado. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, dan angket untuk respon mahasiswa.
Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk software yang bisa digunakan di perangkat komputer atau laptop. Produk yang dihasilkan dinilai sangat layak untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai tata cara berwudhu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, subjek uji coba, dan produk yang dihasilkan efektif meningkatkan pemahaman tentang materi tata cara berwudhu mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Manado, terbukti dengan nilai rata-rata pretest sebesar 48,00 meningkat pada posttest sebesar 85,07, dengan nilai gain skor 0,71.
Kata Kunci : multimedia pembelajaran interaktif, tata cara wudhu, mahasiswa program studi pendidikan agama islam


Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd Edition).

Boston: Allyn and Bacon, Mayer, Richard E. (2009). Multimedia learning prinsipi-prinsip dan aplikasi. (Terjemahan Teguh Wahyu Utomo), New York: Cambridge University Press. (Buku asli diterbitkan tahun 2001).

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press

Vaughan, Tay. (2011). Multimedia : Making it Work Eight Edition. New York: McGraw Hill


Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam, ISSN 2471-2149 (Online)