PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE TA’ZIR (STUDI ANALISIS SANTRIWATI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MANSURIYAH)
Abstract
Pendidikan karakter itu penting karena krisisnya moral dan adab pada generasi muda saat ini. Moral dan adab yang baik terbentuk melalui pembiasaan yang dilakukan secara konsisten. Pada umumnya penilaian kualitas lembaga pendidikan terlihat dari tingkat kedisiplinan yang ketat. Sebagaimana pendidikan kedisiplinan yang ketat banyak dilakukan pada pondok pesantren. Fokus penelitian ini mengenai kedisiplinan santriwati di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah. Hal ini dikarenakan hampir setiap minggu sistem laporan ta’ziran bidang keamanan kebanyakan dari santriwati. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa kasus ta’zir yang dilakukan oleh santriwati di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. pembentukan karakter disiplin itu berpengaruh pada suatu kinerja kegiatan. Penerapan tata tertib dan peraturan tidak akan berjalan dan dipatuhi oleh para santri jika tidak adanya hukuman yang membuat efek jera. Pondok pesantren Bustanul Mansuriyah berusaha menggerakkan bidang keamanan pondok untuk mengawasi, memantau dan mencatat kegiatan para santri secara ketat. Bidang keamanan di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah ini telah menerapkan metode ta’zir dengan baik terhadap para santri, khususnya dalam penelitian ini adalah santriwati.
Kata kunci: Kedisiplinan, ta’zir, pondok pesantren Bustanul Mansuriyah
Full Text:
PDFReferences
Arip Abdul Rohman. (2016). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto. 1–25.
Johari, S. (2021). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan …, 1(1).
Komariah. (2017). Struktur Ilmu Pengetahuan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Pitaloka, A., Milla, M. N., Hafiz, S. El, & Nauly, M. (2018). Psikologi Sosial: Dengantar dalam Teori dan Penelitian. In Jakarta; Salemba Humanika. (Issue September).
Putri, S. B., & Dewi, D. A. (2021). Reaktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1629
Rahmatika, S. N., & Apsari, N. C. (2020). Positive Parenting: Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Tunagrahita. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.28380
Rahmawati, D. (2019). Perpustakaan IAIN Pekalongan Perpustakaan IAIN Pekalongan. Jurnal Ekonomi Islam, Marketing Mix.
Santi Deliani Rahmawati, H. S. (2020). Implementasi Ta’zir Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahing. 3(2017), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Waslah, W., & Afifudin, Q. (2021). Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dengan Kedisiplinan Santri Dalam Menjalankan Peraturan Pondok Pesantren Al-Masruriyyah Tebuireng Diwek Jombang. Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1). https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1314
Yasin, H. (2019). Ayat -Ayat Akhlak Dalam Al-Quran. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.509
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1824
Article Metrics
Abstract view : 806 timesPDF - 529 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)