Mandatori Halal: Potensi, Kendala dan Dampak bagi Pengembangan Industri Halal di Kota Jayapura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pengembangan industri halal yang didasarkan pada potensi, kendala dan dampak. Mandatori halal, yaitu kewajiban sertifikasi halal yang diberlakukan kepada seluruh pelaku usaha sesuai dengan ketentuan Pasal 4 Undang-undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Selama ini hanya sebagian dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jayapura yang bersertifikat halal. Kewajiban sertifikasi halal akan membantu mengembangkan industri halal di Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis-normatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penahapan kewajiban sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman sampai dengan tahun 2024 (Pasal 140 Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal). Potensi tersebut meliputi adanya sertifikasi halal gratis, self declare (ikrar halal) dan banyaknya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dilakukan oleh mama-mama Papua. Kendala sertifikasi halal meliputi beralihnya kewenangan dari Majelis Ulama Indonesia kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, kurangnya pemahanan pentingnya label halal dan penguasaan penggunaan perangkat elektronik. Dampak dari mandatori halal akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, pengembangan usaha, dan membantu pencapaian program pemerintah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akram, H. W. (2022). Global Halal Business: a sectoral analysis. International Journal of Business and Globalisation, 30(1), 111–130. https://doi.org/10.1504/IJBG.2022.122291
Anggraini, Dewi, RR., Yunus, Nur, Rohim., Rezki, Annisa. (2020). “Politics of Consumer Protection Law in the Form of Halal Labeling”. International Journal of Advanced Science and Technology 29 (7s), 719 -729. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/9959
Asshiddiqie, Jimly. (2018). Peran Advokat Dalam Penegakan Hukum. Jimli.com
Azam, Md. Siddique E. & Abdullah, Moha Asri. (2020). “Global Halal Industry : Realities And Opportunities”. IJIBE, 5(1), 47–59
Aziza, Nurul., et.al. (2020). “Influence of Halal Label on Impulsive Buying towards Indonesian Society.” Global Conferences Series: Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH), Vol. 5, 1–4. https://doi.org/10.32698/GCS-PSSHERS335
Belvage, R. H. (2019). Mabuk (di) Indonesia: Membongkar Struktur di Balik Fenomena Korban Tewas Karena Oplosan. Umbara, 2(2).
David, F, R., & David, F, R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (16th ed.). Pearson Education.
Fahmi, Syaifuddin. (2017). “Halal Labeling Effect on Muslim Consumers Attitude and Behavior,” Vol. 131, 56-62. https://doi.org/10.2991/icoi-17.2017.26
Hatoli, Hatoli. (2020). “Halal Certification of the Indonesian Ulema Council on Electronic and Non-Consumer Products from the Maslahah Perspective”. JIL: Journal of Islamic Law 1 (2), 237-55. https://doi.org/10.24260/jil.v1i2.45
Hendayana, Y., & Sari, A. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna JNE Express Pondok Gede. Mediastima, 27(2), 154-169. Doi: https://doi.org/10.55122/mediastima.v27i2.294
Ikhwan, I. (2021). Text Analytic on Halal Research. Journal of Islamic Economic Literatures, 2(2), 1–12. http://journals.smartinsight.id/index.php/JIEL/article/view/47/45
Keputusan Sekjen Kementrian Agama No. 80 Tahun 2019 tentang Tugas Koordinator dan Satuan Tugas Layanan Sertifikasi Halal Daerah
Miles, B. Matthew., & Huberman, A. Michael. (1992). Analisa Data Kualitatif. Jakarta; Universitas Indonesia. UI-PRESS
Moore, Wilbert E. (1996). Social Verandering’ Dalam Social Change, Diterjemahkan Oleh A. Basoski, Antwepwn, Prisma Boeken, Ultrech. In Social Verandering, 129
https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.1.157-178
Muawanah, Siti. (2021). Selaku pemilik usaha Warung Berkah di Abepura Kota Jayapura. Hasil wawancara bulan Januari 2021
Mubarok, F., & Imam, M. (2020). Halal Industry in Indonesia; Challenges and Opportunities. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 55-64. Doi: https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5856
Muhamad, M. (2020). Tantangan dan peluang penerapan kebijakan mandatory sertifikasi halal (Studi implementasi UU No. 33 Th. 2014 dan PP No. 31 Th. 2019). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 1–26
Muhammad, Abdulkadir. (2004). Hukum Dan Penelitian Hukum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Mujar, Nor Ai’han, and Norizan Hassan. (2020).The Economics Of Halal Industry 3 : 1–15
Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal
Ramadhan, Muhammad, Raihan., & Arifiansyah, Rully. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Sofia Restaurant Jakarta. Humantech; Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(11). 1667-1682. DOI: https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2118
Review, World Population. (2021). Muslim Population By Country. World Population Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country
Risa, Afrisa. (2021). Selaku pemilik Warung Makan Sederhana (Masakan Padang) di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Hasil wawancara bulan Januari 2021
Said, Muhammad. (2016). “Halal Label and the Ethics of Business : An Analytical View From Producers Halal Label and the Ethics of Business : An Analytical View From Producers.” Australian Journal of Basic and Applied Sciences 7(6): 613–621
Satria. (2021). Selaku pemilik Rumah Makan Minang (Masakan Padang) di Waena Distik Heram Kota Jayapura. Hasil wawancara bulan Januari 2021
Sedarmayanti. (2017). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung; CV. Mandar Maju
Swandaru, Randi. (2017). “Strengthening the Domestic Halal Industry Strengthening the Domestic Halal Industry,” no. February
Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal
Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja
Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Undang-Undang Nomor 7 tahun 1996 Tentang Pangan
Yuniastuti, V., & Pratama, A. A. (2023). Portraits and Challenges of Indonesia’s Modest Fashion Industry on the Halal Industry Competition in the World. Indonesian Journal of Halal Research, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.15575/ijhar.v5i1.17385
Yusuf, Muhamad., et.al. (2021). Komersialisasi Lahan Pertanian di Koya Barat dan Koya Timur, Kota Jayapura. Jurnal Agrisep. 20(1). 157-178. DOI: https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.1.157-178
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajiel.v4i1.2996
Article Metrics
Abstract view : 346 timesPDF - 119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Rumah Jurnal IAIN Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Al-'Aqdu: Journal of Islamic Economics Law is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-'Aqdu: Journal of Islamic Economics Law, ISSN 2807-7830 (Cetak), ISSN 2807-7342 (Online)