PENGARUH REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA

Ananda Putri, Nefi Darmayanti, Asih Menanti

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of emotional regulation and family social support on student academic resilience at MAS Raudhatul Akmal. The subjects in this study were 113 students. Methods of data collection using simple random sampling technique. Academic resilience is measured by a scale of aspects of academic resilience according to Cassidy there are 18 valid items and emotional regulation is measured by a scale of aspects of emotional regulation according to Gross, J.J. & Thompson there are 13 valid items, while family social support is measured by a scale of aspects of family social support according to House there are 28 valid items. Data analysis with multiple regression. The results showed that there was an effect of emotional regulation and family social support on academic resilience with an F count of 19,207. Multiple regression test results 0.000<0.05, and R2 = 0.259. There is an effect of family social support on academic resilience of rx2y 0.333 with p<0.05, and multiple regression test 0.027<0.05. There is an effect of emotional regulation on academic resilience with an rx1y value of 0.474 with p<0.05, as well as a multiple regression test with a result of 0.000<0.05.

Keywords: Emotion Regulation, Family Social Support, Academic Resilience

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi dan dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi akademik siswa di MAS Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini 113 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik simple random sampling. Resiliensi akademik diukur dengan skala aspek-aspek resiliensi akademik menurut Cassidy ada 18 item valid dan regulasi emosi diukur dengan skala aspek-aspek regulasi emosi menurut Gross, J.J. & Thompson ada 13 item valid, sedangkan dukungan sosial keluarga diukur dengan skala aspek-aspek dukungan sosial keluarga menurut House ada 28 item valid. Analisa data dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh regulasi emosi dan dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi akademik dengan nilai F hitung 19.207. Hasil uji regresi berganda 0,000 < 0,05, dan R2 = 0,259. Ada pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi akademik sebesar rx2y 0.333 dengan p < 0.05, serta uji regresi berganda 0,027 < 0,05. Ada pengaruh regulasi emosi terhadap resiliensi akademik bernilai rx1ysebesar 0.474 dengan p < 0.05, serta uji regresi berganda dengan hasil 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Regulasi Emosi, Dukungan Sosial Keluarga, Resiliensi Akademik

Keywords


Regulasi Emosi, Dukungan Sosial Keluarga, Resiliensi Akademik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Aziza, Z. N. (2021). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application Dukungan Sosial , Kesulitan Regulasi Emosi dan Resiliensi Siswa. 10(1), 73–82.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Kaaffah Learning Center.

Dwityaputri, Y. K., & Sakti, H. (2015). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Forgiveness Pada Siswa di SMA Islam Cikal Harapan BSD-Tangerang Selatan. Jurnal EMPATI, 4(2), 20–25. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14886

Gross, J. J., & Thompson, R. A. (2007). Emotion regulation: Conceptual foundations. In J. J. Gross(Ed.), Handbook of emotion regulation. Guilford Press.

Mahendika, D., Sijabat, S. G., Stia, P., & Jakarta, L. A. N. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial , Strategi Coping , Resiliensi , dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA di Kota Sukabumi. 1(02), 76–89.

Poegoeh, D. P., & Hamidah, H. (2016). Peran Dukungan Sosial Dan Regulasi Emosi Terhadap Resiliensi Keluarga Penderita Skizofrenia. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1), 12. https://doi.org/10.20473/jpkm.v1i12016.12-21

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika, 13(2), 138–147. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Putri, Z. M. (2022). Pengembangan Model Resiliensi Sebagai Upaya Meningkatkan Ketangguhan Perawat di Rumah Sakit Sumatera Barat. 204.

Ramadhana, N. S., & Indrawati, E. (2019). Kecerdasan Adversitas dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMP X Jakarta Timur. Ikraith-Humaniora, 3(2), 39–45. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/436

Ridwan, G. A. S. (2020). Pengaruh Tingkat Regulasi Emosi dan Tingkat Relisiensi pada Taruna Tahun Pertama. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 565–572. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

Said, A. A., Rahmawati, A., & Supraba, D. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada Mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(1), 32–44. https://doi.org/10.26905/jpt.v16i1.7710

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). The relationship between peer social support and academic resilience in final year students majoring in x faculty of Engineering, Diponegoro University. Empati, 5(April), 177–182. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979/14478

Siregar, N. P. S. (2022). Pengaruh Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Pada Siswa Sma Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapat. UNIVERSITAS MEDAN AREA PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI MAGISTER PSIKOLOGI.

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Wayan Mimpin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376–382. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49527




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2528

Article Metrics

Abstract view : 3054 times
PDF - 3026 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, ISSN 2723-4363 (Online) indexed by :

     
           

 

 

JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.