PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTRED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTRED LEARNING (TCL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research was to determine the effect of student centered learning (SCL) and teacher centered learning (TCL) models on the learning motivation of MTs students in terms of jenis kelamin. The sample is 80 students of superior class. Collection method with Purposive Sampling technique. The researcher designed a self-designed learning motivation variable questionnaire based on the theoretical aspects of Chernis & Goleman (2001) there were 8 behavioral indicators with 44 items. There are 30 valid and valid items. TCL in the form of a conventional learning model. SCL with STAD type learning model. Data analysis using 2-way Anava. The results of the study concluded that there was a significant difference between the learning motivation of students taught by the SCL and TCL learning models, with a coefficient of F=16,766 with a value of p = 0.000 or p <0.05. There is no difference in learning motivation between female and male students with a coefficient of F = 2.007 with p = 0.161 or p > 0.05. There is no effect of the interaction of the learning model with the jenis kelamin of students on learning motivation with a coefficient of F=0.363 with p>0.05.
Keywords: Student Centred Learning (SCL), Teacher Centred Learning (TCL), Learning Motivation, Jenis kelamin
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student centred learning (SCL) dan teacher centred learning (TCL) terhadap motivasi belajar siswa MTs ditinjau dari jenis kelamin. Sampel berjumlah 80 siswa kelas unggulan. Metode pengumpulan dengan tekhnik Purpossive Sampling. Kuesioner variabel motivasi belajar peneliti rancang sendiri berdasarkan aspek teori Chernis & Goleman (2001) ada 8 indikator perilaku dengan 44 item. Item yang valid dan sahih ada 30 item. TCL dalam bentuk model pembelajaran konvensional. SCL dengan model pembelajaran tipe STAD. Analisa data menggunakan Anava 2 Jalur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SCL dengan TCL, dengan koefisien F=16.766 bernilai p=0.000 atau p<0.05. Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang berjenis kelamin perempuan dengan laki-laki dengan koefisien F=2.007 dengan p = 0.161 atau p > 0.05. Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap motivasi belajar dengan koefisien F = 0.363 dengan p > 0.05.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Centred Learning (SCL), Teacher Centred Learning (TCL), Motivasi Belajar, Jenis Kelamin.Keywords
Full Text:
PDFReferences
ABIDIN, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168
Anita, I. W. A. W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p246-251.184
Anwar, S., Salsabila, I., Sofyan, R., & Amna, Z. (2019). Laki-Laki Atau Perempuan, Siapa Yang Lebih Cerdas Dalam Proses Belajar? Sebuah Bukti Dari Pendekatan Analisis Survival. Jurnal Psikologi, 18(2), 281. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.281-296
Auliah, A. N. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Gurian, M. (2010). Boys and Girls Learn Differently: A Guide For Teachers and Parents. Jossey-Bass.
Harso, A., & Merdja, J. (2019). Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.991
Imania, H., Latifah, M., & Yuliati, L. N. (2022). Kecemasan, Efikasi Diri Akademik, Motivasi Belajar: Analisis Jenis Kelamin pada Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 15(3), 251–263. https://doi.org/10.24156/jikk.2022.15.3.251
Paruntu, P. E., Nadia, L. N., & Kholifah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Konvensional Berbantu Media CD Interaktif dan TGT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 241–247.
Ramadhani, H. S. (2017). Hetti Sari Ramadhani. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66–74.
Riduwan. (2020). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Santana, K., Dewi, F. I. R., & Budiarto, Y. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd X, Y, Z Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Partisipasi Bimbingan Belajar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 41. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.989
Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Pendahuluan Hal pertama yang muncul dalam pikiran saya ketika membaca tema umum. Prosiding Seminar Nasional “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa,” 261–272.
Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMPN 10 Pematangsiantar T.A. 2022/2023. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188–195.
Subiago, Muliyani, S. E., & Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(2), 22–26.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf
Zhelina, Z. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Dan Perbedaan Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2531
Article Metrics
Abstract view : 374 timesPDF - 396 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.