KECERDASAN ADVERSITY DAN KECEMASAN MENJELANG BEBAS PADA ANAK BINAAN

Isna Farihatul Husna, Zun Azizul Hakim

Abstract


ABSTRACTThe aim of this research is to determine, whether there is a relationship between adversity intelligence and pre-release anxiety among juvenile inmates in class I Blitar juvenile prison or not. Participants in this study are juvenile inmates who will be released within a period of 6 months, with a total of 34 participants. The measuring tool used in this research is the Adversity Response Profile (ARP) scale consisting of 37 items (α = 0.976), the anxiety scale was developed based on the definition or theory expressed by Nolen, consisting of 39 items (α=0.972). The data analysis technique used to prove the hypothesis in this research is the Pearson product-moment correlation technique. The research results indicate that there is a relationship between adversity intelligence and pre-release anxiety in juvenile inmates with a negative correlation (r = 0.724, n = 34, p <0.001). Based on the research findings, it can be interpreted that the higher the level of adversity intelligence, the lower the level of anxiety experienced, and vice versa, if the level of adversity intelligence is low, the level of anxiety will increase.

Keywords: adversity intelligence, anxiety, juvenile inmates

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan adversity dengan kecemasan menjelang bebas pada anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas I Blitar. Partisipan pada penelitian ini adalah anak binaan yang menjelang bebas dalam rentang waktu 6 bulan dengan jumlah partisipan 34 anak binaan. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Adversity Response Profile (ARP) yang berjumlah 37 aitem (α= 0,976), skala kecemasan disusun berdasarkan definisi atau teori yang diungkapkan oleh Nolen yang berjumlah 39 aitem (α= 0,972). Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis pada penelitian ini adalah teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan adversity dengan kecemasan menjelang bebas pada anak binaan dengan korelasi negatif (r = -0,724, n = 34, p < 0,001). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan adversity maka semakin rendah tingkat kecemasan yang dialami, begitu pula sebaliknya jika keserdasan adversity rendah maka tingkat kecemasan akan semakin tinggi.  

Kata Kunci: anak binaan, kecemasan, kecerdasan adversity



Keywords


anak binaan, kecemasan, kecerdasan adversity

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2014). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3), 133-140. doi: 10.30872/psikoborneo.v2i3.3653

Agustin, F., & Soetjiningish, C. H. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Kecemasan Menjelang Bebas Pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kelas IIA Ambarawa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3), 334-340. doi:10.23887/jibk.v12i3.38560

Aiken, L. R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. doi: 10.1177/001316448004000419

Aliza, N. F., & Oktafiani, L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Efikasi Diri Dan Adversity Quotient Remaja. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 87-95. doi: 10.31604/ristekdik.2021.v6i1.87-95

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Fifth Edition “DSM-5”. Washinton DC: American Psychiatric Publishing.

Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N. (2018). Tingkat Kecemasan pada Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang Bebas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II. Journal of Nursing Care, 1(1), 78-84. doi: 10.24198/jnc.v1i1.15773

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gusta, W., Gistituati, N., & Bentri, A. (2022). Analisis Adversity Quotient (AQ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 6(1), 64-70. doi: 10.26858/pembelajar.v6i1.26748

Hanifa, Y. (2017). Emotional Quotient dan Adversity Quotient dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 25-33. doi: 10.30872/psikoborneo.v5i1.4327

Harahap, I. D., & Pranungsari, D. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Adversity Quotient Dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan Remaja Jalanan. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 2(1), 1-8. doi: 10.26555/jptp.v2i1.16948

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irawan, E., Tania, M., & Arifin, M. Z. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Bebas. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 122-131. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/258

Martha, S. I., & Annatagia, L. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kecemasan Menghadapi Masa Pembebasan Pada Narapidana. Jurnal Psikologi Integratif, 2(2), 42-49. http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/PI/article/view/234/229

Nolen, S. (2007). Abnormality; Suicide; Pathological Psychology; Anxienty Disorder (4th ed). Boston: McGraw-Hill.

Pallant, J. (2005). SPSS Survival Manual: A step by step guide to data analysis using SPSS. Australia: Sabon by Bookhouse, Sydney Printed by Ligare.

Putra, M. R. G., Hidayati, N. O., & Nurhidayah, I. (2016). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Warga Binaan Remaja Di LPKA Kelas II Sukamiskin Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(1), 52-61. doi: 10.17509/jpki.v2i1.2853

Rahmy, H. A., & Muslimahayati. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. Jo-DEST: Journal of Demography, Etnography, and Social Transformation, 1(1), 35-44.

Rasyidin, U. (2018). Hubungan Adversity Quotient Dengan Kecemasan Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry [Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]. The Open University. https://core.ac.uk/download/pdf/293470094.pdf

Rintan Septiani, A., Maslihah, S., & Musthofa, M. A. (2021). Resiliensi dan Kesejahteraan Subjektif Anak Didik Lembaga Pembinaaan Khusus Anak (LPKA). Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 26(1), 143–168. doi: 10.20885/psikologika.vol26.iss1.art8

Senda, B. N. (2020). Hubungan Kecerdasan Adversity Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Freshgraduate [Skripsi, Univeristas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Institutional Repository State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.

Stoltz, P. G. (2018). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang . (Alih Bahasa: T. Hermaya). Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R &D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, A. S. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan pada Anak Binaan di LPKA Tanjung Pati. Jurnal PendidikanTambusai, 5(1), 61-68. doi:10.31004/jptam.v5i1.905

Wahyuni, E. S., & Muhari. (2013). Hubungan Adversity Quotient Dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan Remaja Jalanan Yang Tinggal Di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Wonorejo Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2532

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 460 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, ISSN 2723-4363 (Online) indexed by :

     
           

 

 

JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.