KEPUTUSAN DONASI ONLINE DITINJAU DARI PENGARUH TRUST DAN PERSEPSI RISIKO
Abstract
Donation fundraising is considered as one of the strategies to support the achievement of the Sustainability Development Goals (SDGs). The number of digital donations in Indonesia is also growing. According to the World Giving Index survey, Indonesia is the most generous country. On the other hand, the issue of misappropriation of funds from a donation management institution that is quite popular in Indonesia has arisen, which can influence people's decisions to donate. This study aims to empirically examine the effect of trust and perceived risk on donation decisions. The data collection tools used are the donation decision scale, trust scale, and risk perception scale. The study used simple and multiple regression analysis techniques to see the effect partially and simultaneously. The results showed that there was an influence of trust on donation decisions (p 0.000 <0.05). Perceived risk also influences the decision to donate (p 0.000 < 0.05). Simultaneously trust and perceived risk influence the decision to donate (p 0.000 <0.05) with R Square 0.361. This shows that trust and perceived risk together can influence the decision to donate by 36.1%. Transparency of reports from donation management institutions is urgently needed to increase trust and reduce public risk perceptions, to increase the number of donations.
Keywords: Donation decision, trust, perceived riskABSTRAK
Penggalangan dana donasi dianggap sebagai salah satu strategi untuk menunjang pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs). Angka donasi digital di Indonesia juga kian bertumbuh. Bahkan menurut survey World Giving Index, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan. Di sisi lain, muncul isu penyelewengan dana dari salah satu lembaga pengelola donasi yang cukup populer di Indonesia, sehingga dapat mempengaruhi keputusan masyarakat untuk berdonasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh trust (kepercayaan) dan persepsi risiko terhadap keputusan donasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala keputusan donasi, skala trust, dan skala persepsi risiko. Penelitian menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan berganda, untuk melihat pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh trust terhadap keputusan donasi (p 0.000 < 0.05). Persepsi risiko juga berpengaruh terhadap keputusan donasi (p 0.000 < 0.05). Secara simultan trust dan persepsi risiko berpengaruh terhadap keputusan donasi (p 0.000 < 0.05) dengan R Square 0.361 Hal ini menunjukkan bahwa trust dan persepsi risiko secara bersama-sama dapat mempengaruhi keputusan donasi sebesar 36.1%. Transparansi laporan dari lembaga pengelola donasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan dan menurunkan persepsi risiko publik, sehingga angka donasi dapat terus meningkat.
Kata Kunci: Keputusan donasi, trust, persepsi risikoKeywords
Full Text:
PDFReferences
Amalina, R. A. (2021). Pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan media sosial terhadap minat masyarakat berdonasi via platform crowdfunding Kitabisa.com (Studi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas Brawijaya)[Skripsi]. Universitas Brawijaya.
Bappenas. (2023). Sekilas SDGs. Kementerian PPN/Bappenas. https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/
BBC News Indonesia. (2023, January 24). Ahyudin pendiri ACT divonis 3,5 tahun penjara, gelapkan dana bantuan korban Lion Air JT-610. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-62046881
Charities Aid Foundation. (2022). World Giving Index 2022: The global view of giving trends. www.cafonline.org to
Charities Aid Foundation. (2023). Five reasons to give to charity. Charities Aid Foundation. https://www.cafonline.org/my-personal-giving/long-term-giving/resource-centre/five-reasons-to-give-to-charity
Dewi, N. N. S. R. T., Adnantara, K. F., & Asana, G. H. S. (2018). Modal investasi awal dan persepsi risiko dalam keputusan berinvestasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 173–190. https://doi.org/10.23887/jia.v2i2.15636
Fajarratri, D. A. (2011). Studi mengenai persepsi resiko (perceived risk) terhadap minat beli online shopping (Kasus pada toko online www. Kaskus. com). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 10(3), 270–282.
Halimatusadiah, H., Nawawi, K., & Gustiawati, S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan muzakki untuk membayar zakat selama pandemi Covid-19 melalui platform media online: Studi kasus: LAZ Al-Bunya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 774–782. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i3.2067
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian online di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155
Health Essentials. (2022, December 7). Why giving is good for your health? Helping others can boost your heart and mind. Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/why-giving-is-good-for-your-health/
Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect theory: An analysis of decision under risk. Econometrica, 47(2), 263–291.
Kitabisa.com. (2021). Kini, asisten kebaikan telah hadir di Kitabisa. Kitabisa.Com. https://blog.kitabisa.com/asisten-kebaikan-kitabisa/
Kitabisa.com. (2022). Menjaga amanah donatur: Catatan pengembangan platform & kebijakan Kitabisa. Kitabisa.Com. https://blog.kitabisa.com/catatan-pengembangan-platform-kitabisa/#Juni_2022_-_Memastikan_semua_donasi_tersalurkan_kami_membuat_kebijakan_donasi_pada_galang_dana_yang_tidak_mempunyai_aktivitas_selama_12_bulan_berturut-turut_akan_disalurkan_untuk_galang_dan
Kompas.com. (2022, July 26). 4 Tersangka dugaan penyelewengan dana ACT: bergaji Rp 50 Juta-Rp 450 juta, pakai donasi untuk pribadi. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/07/26/17150011/4-tersangka-dugaan-penyelewengan-dana-act-bergaji-rp-50-juta-rp-450-juta
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of Management Review, 20(3), 709–734. https://doi.org/10.5465/amr.1995.9508080335
Mustain, A. (2022, July 9). ACT, penyelewengan donasi, dan terorisme. Media Indonesia.
Nafidzah, I. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berdonasi secara online di Kitabisa.com [Skripsi]. Universitas Brawijaya Malang.
Nordiansyah, E. (2023, April 14). Wuih! 69% Masyarakat Indonesia Sering Berdonasi Secara Online. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/zNAAYxvN-wuih-69-masyarakat-indonesia-sering-berdonasi-secara-online
Nurjanah, S. I. M. (2018). Pengaruh sikap, norma dubjektif, perceived behavioral control, kepercayaan dan faktor demogragi terhadap intensi berdonasi online [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah.
Oktaviani, Y., & Hadian, A. (2021). Pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat donatur muslim dalam memberi donasi pada Yayasan Sahabat Yatim Indonesia cabang Medan. Regress: Journal of Economics & Management, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.57251/reg.v1i1.98
Rahmadi, H., & Malik, D. (2018). Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian E-commerce pada Tokopedia.com di Jakarta Pusat. Reformasi Administrasi, 3(1), 126–145. https://doi.org/10.31334/.v3i1.100
Salsabilla, N. W. (2022). Determinan keputusan masyarakat menjadi donatur crowdfunding berbasis online [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia.
Sari, A. P. (2019). Pengaruh brand awareness, kualitas proyek dan kepercayaan terhadap keputusan berdonasi secara online pada platform crowdfunding Kitabisa.com. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer behaviour (7th ed.). Prentice-Hall.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1st ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Taufiqurohman, K., & Fadilla, A. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan e-trust terhadap keputusan berdonasi digital generasi Z pada aplikasi Kitabisa. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(3), 290–299. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v2i3.2094
Tyasmasdanti, F. (2021). Faktor-faktor pengaruh keputusan masyarakat menyalurkan donasi melalui platform financial technology crowdfunding berbasis online [Skripsi] [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31367
Widyastuti, P. R. (2022, July 7). Update kasus ACT: Diduga salurkan dana untuk Al-Qaeda hingga perputaran uang capai Rp1 T per tahun. Tribunnews.Com.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2533
Article Metrics
Abstract view : 651 timesPDF - 851 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.