FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI

Eka Sufartianinsih Jafar, Nur Nita Sari, Nur Ilmi Borahima

Abstract


ABSTRAK

Fenomena ini keterlambatan perkembangan pada anak sudah sering kita temui. Salah satu kasus keterlambatan perkembangan pada anak yang sering kita lihat disekitar ialah kasus keterlambatan berbicara dan berbahasa pada anak usia dini (usia 5 – 6 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja penyebab anak mengalami keterlambatan berbicara dan berbahasa pada usia Metode yang digunakan yaitu wawancara dan observasi secara langsung. Adapun langkah-langlahnya yaitu melakukan observasi terhadap anak di salah satu kelas, kemudian mengidentifikasi anak yang memiliki ciri-ciri keterlambatan bericara, kemudian melakukan wawancara kepada guru, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Hasil yang didapatkan dari hasil wawancara, pengamatan dan post test yaitu dari segi pengetahun warna, abjad dan angka kurang serta penyebutan huruf yang kurang jelas dan salah satu anak pendiam di kelas. Serta yang menjadi penyebab FR mengalami keterlambatan berbicara disebebkan oleh dua faktor yaitu internal dan eksternal.

Kata Kunci: Keterlambatan berbicara, penyebab, anak usia dini

Keywords


Keterlambatan berbicara, penyebab, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Aurelia, T., Rahminawati, N., & Inten, D. N. (2022). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 69–78. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3504

Fauzia, W., Fithri Meiliawati, & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan menangani speech delay pada anak. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 102–110.

Jafar, E. S., Nurazizah Aprilia Firsa, Nur Yasmin Zahra Syafiyah, Nur Afiliya Triasty Zugito, Nur Ainunnisa, & Nur Fakhirah Mirsyah. (2023). Metode Pengenalan Konsep dan Peran Gender (PENERANG) melalui Video dan Poster sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(2), 110–117. https://doi.org/10.59638/aijer.v5i2.464

Mainike, S. (2020). Perkembangan Bahasa Anak yang Mengalami Keterlambatan Wicara.

Prasetya, D. (2016). Peran Literasi Digital Keluarga Dalam Upaya Mengurangi Kecanduan Gawai Pada Anak. 3(1), 1–23.

Wati, D. R. (2021). Gadget dan Pengaruhnya Pada Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini: Literature Review Gadgets and Their Effect On Speech Delay In Early Children:Literature Review. Jurnal Kesehatan Tujuh Belas (Jurkes 17), 2(2), 228–233.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v4i2.2849

Article Metrics

Abstract view : 491 times
PDF - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, ISSN 2723-4363 (Online) indexed by :

     
           

 

 

JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.