ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK SINDROM DOWN

Novita Ashari, Andi Sri Ramadana Azis, Nadia Nadia

Abstract


ABSTRACT

Down syndrome children have problems in language development because they have communication difficulties. The purpose of this study is to analyze language development in children with Down syndrome. The method used by researchers in qualitative research with a case study approach. Data collection techniques used are interview techniques, documentation, and observation. This research was conducted in class 2 SLB Negeri 1 Parepare City. The subjects in this study had the initials AN and SY. AN is 13 years old while SY is 9 years old. The results showed that AN had not been able to learn about the contextual meaning of punctuation marks, had not been able to use polite language and had not been able to compare language styles. While SY is not yet able to speak, is not brave enough to appear in public with effective grammar skills, is not interested in visual media and is not yet able to have adult-like speech patterns.

Keyword:  Language Development, Down Syndrome

 

ABSTRAK

Anak sindrom down mempunyai permasalahan dalam perkembangan bahasa karena memiliki kesulitan pada komunikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perkembangan bahasa pada anak sindrom down. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 SLB Negeri 1 Parepare. Subjek dalam penelitian ini berinisial AN dan SY. AN 13 tahun sementara SY berusia 9 tahun. Hasil penelitian menujukkan bahwa AN belum mampu belajar mengenai makna konteks tanda baca, belum mampu menggunakan bahasa yang sopan dan belum mampu membandingkan gaya bahasa. Sementara SY belum mampu dalam berbicara, belum cukup berani tampil di depan umum dengan mampu memiliki pola bicara yang seperti orang dewasa.

Kata kunci: Perkembangan Bahasa, Sindrom Down

Keywords


Perkembangan Bahasa, Sindrom Down

Full Text:

PDF

References


Ashari, Novita, and Tien Asmara Palintan. 2020. “Modul Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Kelas Inklusi.” Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 3(1): 213–17.

Baihaqi, M. Luthfi. 2011. “Kompetensi Fonologis Anak Penyandang down Syndrome Di SLB C Negeri 1 Yogyakarta.” Widyariset 14(1): 153–62.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. 2019. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.

Hakim, Lukman Nul. 2013. “Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit.” Aspirasi 4(2): 165–72. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501.

Indah, Rohmani Nur. 2011. “Proses Pemerolehan Bahasa: Dari Kemampuan Hingga Kekurangmampuan Berbahasa.” LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 3(1): 1–17.

Kurniawati, Leli. 2015. “Program Intervensi Pengembangan Kecakapan Berbicara Anak Down Syndrome.” PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan 13(3): 195.

Mailinda, Adinda Talia, Wiwik Setyaningsih, and Corresponding Author. “Hubungan Antara Perkembangan Bahasa Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Down Syndrome Di Malang.” x: 1–12.

Maryam, Irma, Fanny Rizkiyani, and Dianti Yunia Sari. 2020. “PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DOWN SYNDROME Oleh.” Journal of Special Education 6(2): 131–40.

Marzali, Amri. 2017. “Agama Dan Kebudayaan.” Umbara 1(1).

Mayasari, Novi. 2019. “YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome.” (trisomi 21): 111–34.

Nurahma, Gilang Asri, and Wiwin Hendriani. 2021. “Tinjauan Sistematis Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Mediapsi 7(2): 119–29.

Nurdyna, Astary, Ahadi Sulissusiawan, and Agus Syahrani. 2021. “Penggunaan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Down Sindrom): Kajian Psikolinguistik.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 10(4): 1–8.

Nurhayati, Eni, Budhi Rahayu Sri Wulan, and Satria Wahyu Ramadhan. 2021. “Profil Siswa Retardasi Dalam Membaca Puisi (Studi Kasus).” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 14(1): 32.

Oktaviani, Herlia, and Agustina Dewi Setyari. 2019. “Kemampuan Produksi Fonologis Bahasa Indonesia.” Semiotika 20(1): 67–77.

Pasaribu, Rivia Nabilah Larasati. 2021. “Kajian Pola Penerimaan Bahasa Pada Anak Penderita Down Syndrome.” Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 3: 674–81.

Rini, Damayanti. 2018. “Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram.” Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma 5(3): 261–78.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v5i1.3153

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, ISSN 2723-4363 (Online) indexed by :

     
           

 

 

JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.