PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA
Abstract
Academic anxiety is a significant issue among adolescents where high levels of anxiety can have a negative impact on mental well-beings. In an effort to deal with this, a holistic approach such as reading al-Qur'an which prioritizes mental well- being must be applied. This research aims to find out the effect of reading al- Qur'an on the level of academic anxiety on students. This research employed a quantitative approach with simple linear regression analysis involving 61 subjects. Data collection for the academic anxiety variable used the Academic Anxiety Scale adapted from Calhoun and Accocela, while the al-Qur'an reading variable was taken from the raw score of the al-Qur'an reading results of MA Assalaam students. The results of this study found that there was a significant negative correlation between the variable reading the al-Qur'an and academic anxiety with a score of -0.434. Furthermore, the results of the regression analysis show that reading al-Qur'an has a significant effect on academic anxiety (F-13.727 and p <0.05). Reading al-Qur'an makes an effective contribution of 18.9% to students' academic anxiety at MA Assalaam Manado.
Key Words: Reading al-Qur’an, Academic Anxiety and Adolescents.
ABSTRAK
Kecemasan akademik merupakan masalah yang signifikan dikalangan remaja dimana tingkat kecemasan yang tinggi dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental. Dalam upaya menghadapi tersebut pendekatan holistik seperti membaca al-Qur’an yang mengutamakan kesejahteraan mental harus diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membaca al-Qur’an terhadap tingkat kecemasan akademik pada pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana yang melibatkan 61 subjek. Pengumpulan data variabel kecemasan akademik menggunakan Skala Kecemasan Akademik yang diadaptasi dari Calhoun dan Accocela, sedangkan variabel membaca al-Qur’an diambil dari raw score hasil membaca al-Qur’an pelajar MA Assalaam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada korelasi negatif yang signifikan antara variabel membaca al-Qur’an dan kecemasan akademik dengan skor sebesar -0,434. Selanjutnya, hasil analisis regresi menunjukkan membaca al-Qur’an memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan akademik (F=13,727 dan p < 0,05). Membaca al-Qur’an memberikan sumbangan efektif sebesar 18,9% terhadap kecemasan akademik pelajar di MA Assalaam Manado.
Kata Kunci: Membaca al-Qur’an, Kecemasan Akademik dan Remaja.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aninda Cahya Savitri, P., & Luh Indah Desira Swandi, N. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa : Literature Review. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628
Azhar, H. purnomo dan M. (2020). Psikologi Islam. Penerbit K Media.
Debi, I. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 629–635.
Dian, M. I. M. N., & Stanislaus, S. (2018). Efektivitas Membaca Al-Qur’an Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(1), 59–71.
Fajrin, A. C., Mariyati, L. I., & Ramon, A. (2023). Self Talk Untuk Mereduksi Stres Akademik Pada Siswa Kelas XII SMA Antartika Sidoarjo. 3, 1633–1643.
Fuady Idham, A., & Ahmad Ridha, A. (2017). Apakah Mendengarkan Murrotal Al-Quran Dapat Menurunkan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa? Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 9(2), 141–154. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss2.art1
Ishtifa, H. (2011). Pengaruh self-efficacy dan kecemasan akademis terhadap self-regulated dan learning mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. Skripsi, 1–92. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1790/1/HANNY ISHTIFA-FPS.pdf
Juniar, N. S., & Putri, N. (2023). Pengaruh Membaca Al- Qur ’ an terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 830–839. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index
Kartika, D. (2020). Faktor – Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun | Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3544–3549. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/891
Mar’ati, R., & Chaer, M. T. (2017). Pengaruh Pembacaan dan Pemaknaan Ayat-ayat al-Qur’an terhadap Penurunan Kecemasan pada Santriwati. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 30. https://doi.org/10.21580/pjpp.v1i1.966
Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 11–20.
Nurhayati T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial pada masa Pubertas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/edueksos/article/view/649
Prasasti, S. (2017). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1).
Rachman, T. (2018). Dukungan Teman Sebaya Terhadap Penurunan Kecemasan Akademik. Angewandte Chemie International Edition, 1991, 13–23.
Rustika. I Made. (2018). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Ban. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Suliyanto. (2011). Perbedaan Pandangan Skala Likert Sebagai Skala Ordinal atau Skala Interval. Prosiding Seminar and Nasional Statistika, 1, 978–979.
Zahra, R. M. (2023). Hubungan Antara Resiliensi Akademik Dengan Stres Akademik Pada Mata Pelajaran Kimia Selama Pembelajaran Daring. Skripsi, Jakarta, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH, 31–41.
Zatil Hanani. (2023). Implementasi Layanan Konseling Individu Berbasis Terapi Membaca Al-Quran Dalam Mengurangi Depresi Di Kalangan Pelajar Pada Sekolah Menengah Islam Darul Ehsan Subang Jaya Malaysia. 31–41.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v5i1.3155
Article Metrics
Abstract view : 690 timesPDF - 894 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.