PENGARUH PENGETAHUAN PROMOSI DAN PREFERENSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN WALISANTRI PONDOK PKP MANADO DALAM MENGGUNAKAN PRODUK DAN JASA PERBANKAN SYARIAH

Muhammad Khalilurrahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh pengetahuan, promosi, preferensi terhadap pengambilan keputusan walisantri pondok pesantren karya pembangunan manado dalam menggunakan produk dan jasa perbankan syariah dan untuk memberikan pendeskirpsian dan penjelasan mengenai hasil pengaruh pengetahuan, promosi, preferensi terhadap pengambilan keputusan walisantri di pondok pesantren karya pembangunan dalam menggunakan produk dan jasa perbankan syariah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantiatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi sebesar 200, kemudian akan didapatkan sampel 132 melalui tabel Krejcie pada walisantri pada pondok pesantren Karya Pembangunan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer Angket, Observasi, Intrumen Penelitian. Kemudian data sekunder pada literatur terkait dan sumber-sumber lainnya yang dianggap dapat memberikan informasi mengenai penelitian ini serta beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang akan di teliti baik dari buku, koran dan juga internet. Dari hasil penelitian pengujian terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara pengetahuan, promosi, preferensi terhadap pengambilan keputusan menggunakan produk jasa bank syariah, berdasarkan dari uji secara stimultan (Uji F) dengan f hitung yang diperoleh adalah 84,966 yang lebih besar dari nilai f tabel yakni, 2,68 dengan taraf siginifikan 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 (5%). Hal ini memberikan artinya bahwa, variabel pengetahuan, promosi, dan preferensi jika meningkat maka pengambiilan keputusan dalam menggunakan produk jasa bank syariah juga akan meningkat. Kemudian dalam variabel pengetahuan, promosi dan preferensi telah berkontribusi pada pengambilan keputusan menggunakan produk jasa bank syariah sebesar 66,6%. Sehingga dapat dikatakan, seorang calon nasabah akan mengambil keputusan dalam penggunaan produk dan jasa bank syariah berdasarkan dari pengetahuan, promosi, preferensi yang didapatkan.

Kata Kunci: Pengaruh pengetahuan, promosi dan preferensi terhadap pengambilan keputusan dalam menggunakan produk dan jasa bank syariah.

Full Text:

PDF Remote

References

DAFTAR PUSTAKA

Abubakar Lastuti dan Tri Handayani, Percepatan Pertumbuhan Perbankan Syariah Melalui Implementasi Tata Kelola Syariah, dalam Jurnal Law and Justice, Vol. 2, No. 2, Oktober 2017.

Arif Fauzi Lubis, Aplikasi Sistem Keuangan Perbankan, dalam Jurnal Human Falah, Ekonomi da Bisnis Islam, Vol. 5, No.2, Juli-Desember 2018.

Azhar dan Supaino, Analisis Pengaruh ROE, CAR, NPF, BoPo dan FDR terhadap Return On Aset Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2013-2017, dalam Jurnal Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, Vol. 1, No. 1, Tahun 2018.

Christoper Pass dan Lislie Pavies, Kamus Lengkap Ekonomi, alih bahasa: Tumal Ramapea dan Posman Halolo, Jakarta: Erlangga, 1998..

Dapartemen Perbankan Syariah, Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019, Jakarta: OJK, 2015.

Dewi Gemala, Aspek-Aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi, 2002.

Gitosudarmo Indriyo, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPPFE, 2000.

https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik, Diakses Pada: 5 Oktober 2020.

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah-April2020/SPS%20April%202020, Diakses pada 30 Juli 2020.

Indra Cakti Gunawan, dkk, Strategi Model, Perbankan Syariah Mengadapi Persaingan Era Masyarkat Ekonomi Asean (MEA), Malang: CV. IRDH, 2017.

Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group, 2006

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012, Edisi Revisi, Cet.14.

Nasititi Niken, dkk, Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Perbankan, Pengetahuan Produk Perbankan, Pengetahuan Pelayanan Perbankan, dan Pengetahuan Bagi Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah dalam Asset, Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, Tahun 2018.

Schiffman dan Kanuk, Perilaku Konsumen, (akarta: Prentice Hall, 2004.

Suryana, Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat, 2001, Edisi.1.

Tim KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), Trend Konversi ke Bank Syariah Tingkatkan Efisiensi dan produktivitas Bisnis, dalam INSIGHT, Buletin Ekonomi Syariah, Edisi Kedelapan, 1 Januari 2020.

Wardhani Widya, dkk, Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product, dalam Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol. VI, No. 1, Tahun 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.