Implementasi Kantin Kejujuran Dalam Melatih Karakter Jujur Peserta Didik di SMA Negeri 6 Manado

Rivai Bolotio, Abrari Ilham, Ondang Indah Mihratti

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Implementasi Kantin Kejujuran Dalam Melatih Karakter Jujur Peserta Didik Di SMA Negeri 6 Manado. Kantin kejujuran adalah salah satu program pemerintah dalam memberikan pendidikan kejujuran dan sebagai media dalam melatih kejujuran. Tujuan dari program kantin kejujuran yaitu agar peserta didik dapat melatih kararter jujur sehingga terbiasa untuk berbuat jujur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado, (2) Bagaimana model kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado, (3) Bagaimana Implementasi kantin kejujuran dalam melatih karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kantin kejujuran merupakan upaya sekolah dalam melatih dan membiasakan karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado, krisis dalam hal kejujuran melatar belakangi berdirinya kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado. (1) Kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado memuat konsep pendidikan nilai kejujuran, yang menekan pada pembiasaan karakter jujur peserta didik dengan konsep kantin tanpa penjaga. (2) Model kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado di kategorikan dalam model setting ruangan, model perancangan variasi menu makanan dan minuman, model penjualan, model evaluasi, dan model tindakan sanksi, pada model-model tersebut ada yang mengalami kekurangan, yaitu terdapat pada model setting ruangan yang terkait dengan sarana prasarana, dan pada model variasi makanan yang kurang variatif. (3) Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi kantin kejujuran dalam melatih karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado di nilai belum sepenuhnya berhasil karena kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado masih mengalami kerugian karenanya hal itu mengindikasikan bahwa masih ada peserta didik yang tidak jujur dalam berteransaksi di kantin kejujuran, di samping itu dalam pengelolaan kantin kejujuran di nilai belum cukup baik karena di dapati dari segi pengeloaan ruangan dan sarana prasarana yang dapat mendukung kantin kejujuran belum memenuhi standar kantin kejujuran yang ideal.

Full Text:

PDF

References


Berkowitz and Bier, dikutip dalam Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter Landasan

Pilar Dan Implementasi. Jakarta : Prenadamedia Group, 2016.

Departemen Agama. Kendali Mutu,Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Dirjen

Pembinaan Kelembagaan Agama Islam,2001.

Hartatik, Yulianti. Implementasi Pendidikan Karakter Di Kantin Kejujuran. Malang

: Gunung Samudera, 2014.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional. Cet. 3 : Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Pradigdo. “Kantin Kejujuran Bentuk Kegiatan Anti Korupsi” (Makalah yang

disajikan dalam workshop kantin kejujuran dinas pendidikan, Jawa Tengah, 11

Agustus 2010.

Republik Indonesia. “Undang-undang R.I. Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan

Dosen.

Sugiyono. Metode Penelitian, Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta,

Wibowo, Agus. Pendiidkan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa

Berperadaban,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Yulianti, Ani. “Model Dan Perancangan Kantin Kejujuran Berbasis

Eutrepreneurship.”. Tesis tidak diterbitan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, Universitas Kanjuruhan, Malang, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v1i1.1061

Article Metrics

Abstract view : 1319 times
PDF - 5378 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)