Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part Time (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado)

Ardianto Ardianto, Nur Halimah, Wahyu Eka Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola belajar mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado dan probelamtika dalam belajar mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam negeri Manado. Penelitian ini menggunakan penelitian etnografi dengan jenis penelitian kualitatif, dimana penulis berupaya untuk memaparkan aktivitas individu atau sekelompok individu dalam kesehariannya yang berkaitan dengan pola belajar, sehingga hasilnya dapat dibedakan atau dibandingkan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk menggambarkan data hasil penelitian tentang pola belajar mahasiswa pekerja part time. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap delapan orang mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado, pola belajar yang paling banyak digunakan adalah pola belajar bersama atau kelompok dan pola belajar mandiri. Sebanyak lima mahasiswa menggunakan pola belajar bersama atau kelompok dan tiga mahasiswa menggunakan pola belajar mandiri. Proses belajar sendiri tentunya tidak terlepas dari problematika atau masalah-masalah yang muncul, baik dari dalam diri mahasiswa maupun karena pengaruh dari luar. Problematika yang dialami oleh mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado dalam proses kuliah sambil bekerja part time diantaranya yaitu; kelelahan, tertundanya pengerjaan tugas-tugas perkuliahan dan dosen yang mengubah jadwal perkuliahan. di samping itu, bekerja part time juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa, diantaranya ialah dapat menambah pengalaman, terlatih untuk memanage atau mengatur waktu dengan baik serta dapat menambah uang jajan.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Tafsirnya. (Jilid IV).

Arikunto, Suharsimi. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosda Karya,

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Cet. 17;

Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Azizah, Nur Lailatul. “Pengaruh Kerja Part Time Terhadap Prestasi Akademik dan

Non Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam

Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Universitas Islam

Negeri Sunan Ampel Surabaya”. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan, Surabaya, 2017. digilib uinsby.ac.id (diakses pada tanggal 23 Juni

.h. 35.

Bradway, Lauren dan Barbara Albers Hill, Pola-pola Belajar, Cet. 1, Jakarta :

Inisiasi Press, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. 2;

Jakarta: Balai Pustaka,2002.

Dirmantoro, Maylana. “Motivasi Mahasiswa Kuliah Sambil Kerja”. Skripsi

Sarjana, Fakultas Psikologi, Malang, 2015. etheses.uin-malang.ac.id (diakses

pada tanggal 23 Juni 2019).

Dudija, Nidya.“Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi antara Mahasiswa yang

Bekerja dengan Mahasiswa yang Tidak Bekerja”,Humanitas 8,no.2 (2011)

h.200.http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/download/24

/89 (diakses pada tanggal 20 November 2018).

Evita dan Soetarlinah. Sukses Belajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Panduan,

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar. Cet. 7;

Bandung: Refika Aditama, 2017.

Hamalik, Oemar.Proses Belajar Mengajar. Cet.3; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Iswahyuni, Reni. “Pengaruh Pola belajar Dan Frekuensi Belajar Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Janapria Mata Pelajaran IPA Biologi

Sub Pembahasan Sistem Pernapasan”. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan, Mataram, 2017. etheses.uin.mataram.ac.id (diakses pada tanggal

Juli 2019).

Kasiram, Moh. Motodologi Penelitian. Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2010.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung : Diponegoro,

Mardelina, Elma. “Pengaruh Kerja Part Time Terhadap Aktivitas Belajar Dan

Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri

Yogyakarta”, Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi, 2017. eprints.uny.ac.id

(diakses pada tanggal 23 Mei 2019).

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Moleong, Lexy J. Penelitian kualitatif. Cet. 33; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Muhammad bin Ismail, Abu Abdullah. Ensiklopedia Hadits; Shahih al-Bukhari 1,

Diterjemahkan oleh Masyhar dan Muhammad Suhadi.Jakarta: Almahira,

Mustofa, Bisri. Psikologi Pendidikan. Cet. 1; Yogyakarta: Satria Offset, 2015.

Parwati, Ni Nyoman, dkk.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2018.

Pritama, Tiara Putri “Motivasi Untuk Bekerja Part Time Ditinjau dari Persepsi

Terhadap Pentingnya Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Yang Bekerja Di PT.

Sari Melati Kencana, Pizza Hut Semarang”, Skripsi Sarjana, Fakultas

Psikologi, Semarang, 2015. repository.unika.ac.id (diakses pada tanggal 23

Juli 2019).

Salladien, Memahami Penelitian Kualitatif, diihat di swarapendidikan.am.ac.id.

(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019).

Siagian, S.P. Pengembangan Sumber Daya Insani. Cet. 1; Jakarta: Gunung Agung,

Soehartono, Irawan. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosda Karya,

Sondang P. Pakpahan, “Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mahasiswa”, Jurnal

Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 12, No. 1, h. 58.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 23; Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial.

Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Wibawa R., Debrina Dwi. “Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part Time (Studi

Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah

dan Ilmu keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)”. Skripsi Sarjana,

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jogjakarta, 2018. digilib.uinsuka.ac.id (diakses pada tanggal 24 Juli 2019).

Wilda, Ayu Gusni dkk. “Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa”, Konselor 3, No.

(2014): h. 2. ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor (diakses pada tanggal

Juli 2019).

Yenni D. Kuliah Sambil Kerja Why Not. Medan bisnis. digilib.uin-suka.ac.id,

(diakses pada tanggal 25 Juni 2019).

https://paiftik.iain-manado.ac.id/sivitas-akademika/dosen (diakses pada tanggal 25

Agustus 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v1i1.1062

Article Metrics

Abstract view : 2943 times
PDF - 2402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)