Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Menengah Pertama Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan

Nur Fadli Utomo, Agung Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan minat siswa SMP negeri di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk melanjutkan ke SMK serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 332 orang siswa dan sampel sejumlah 178 siswa ditentukan dengan teknik propotional random sampling berdasarkan tabel Isaac pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK memberi kontribusi 49,6% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Persepsi siswa tentang SMK berkontribusi 54,4% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Pengaruh secara bersamaan ketiga variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69,9% sehingga membuktikan bahwa layanan BK dan persepsi siswa mengenai SMK sangat berpengaruh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK.
Kata kunci: Minat siswa, bimbingan dan konseling, persepsi siswa, sekolah menengah kejuruan, sangihe


Full Text:

PDF

References


Al-Dajeh, H. Assessing Environmental Literacy of Pre-Vocational Education Teachers In Jordan. College Student Journal. University of Jordan: Published by Proquest. p.3. 2012

Atkinson, R. Pengantar Psikologi Jilid 1. Tangerang: Inter Aksara. 2010.

Azzet, A. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2011.

Brown,. S. & Lent, R. Career Development and Counseling, 2nd Ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. 2013.

Bunker, J. & Shadbolt, N. Choosing General Practice As A Career: The Influences Of Education And Training, Vol. 38, No. 5, May 2009. New South Wales: Australian Family Physician Journal. pp.341-344. 2009.

Crow, L. D. & Crow, A. Educational Psychology. New York: American Book Company.

Ferguson. (2009). Encyclopedia of Careers and Vocational Guidance, 14th Edition. New York: Infobase Publishing. 1979.

Gysbers, N. Heppner, M. & Johnston, J. Career Counseling: Holism, Diversity, and Strengths, 4th Ed. American Counseling Association. Alexandria: Wiley. 2014.

Hough, M. Counselling Skills and Theory, 3rd Ed. London: Hodder Education. 2010. Majid, A. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Siswa SMP Masuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY, 2 (3). 2013. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1037

Hamalik, O. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2000.

Prout, T. & Wadkins, M. Essential Interviewing and Counseling Skills : An Integrated Approach to Practice. New York: Springer. 2014.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Sobur, A. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. 2009.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara. 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walgito, B. Pengantar Psikologi Umum. Ed. 3. Yogyakarta: Andi Offset. 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v1i2.1179

Article Metrics

Abstract view : 1183 times
PDF - 846 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)