PENGEMBANGAN MATERI AKIDAH AKHLAK BERBASIS APLIKASI QUIPER SCHOOL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BITUNG

Wadan Y Anuli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan dalam mengembangkan materi pembelajaran berbasis quipper school yang efektif untuk pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam. Materi yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: bersifat online, dan mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, suara, dan video, yang diinput melalui aplikasi quipper school, ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media, dan jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan media pembelajaran ini.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan materi ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba, dan distribusi. Tahap analisis meliputi analisis tujuan pembuatan dan bentuk pembuatan produk. Tahap desain meliputi tata cara menginput materi berupa teks pdf/powerpoint, materi berbentuk video pembelajaran, soal ujian, pekerjaan rumah (PR). Tahap produksi meliputi pemasukan semua bahan-bahan yang ada, sinkronisasi dan menguji coba jalannya program. Tahap uji coba terdiri atas uji kelayakan terbatas oleh ahli materi dan ahli media, dan uji lapangan yang meliputi: preliminary field testing, main field testing, dan operational field testing. Tahap distribusi yaitu menyebarluaskan produk yang sudah direvisi ke pengguna. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuesioner dan tes, dan  dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki materi pembelajaran berbasis quipper school hasil pengembangan.

Hasil validasi ahli materi Akidah Akhlak menunjukkan bahwa kualitas materi  baik, dengan skor 3,69. Demikian juga ahli media menilai kualitas media sangat baik, dengan skor 4,65. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penilaian siswa mengenai kualitas materi yang dikembangkan ini adalah baik. Aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,51 (sangat baik), aspek materi 4,55 (sangat baik) dan aspek media 4,77 (sangat baik). Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,61 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar (nilai minimal ”75”) setelah menggunakan materi pembelajaran berbasis quipper school ini, sebanyak 90% dengan rerata skor pre-test sebesar 52.33 dan rerata skor post-test sebesar 98.66 dan termasuk dalam kategori ”Sangat Baik”

Full Text:

PDF

References


AM, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2010.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, edisi-18, Jakarta : Rajawali Pers, 2015

Arsjad, H. Rizal, Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Kontekstual pada Anak Lamban Belajar, Tesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2009)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bina Aksara, 2010

Ahmadi, Khoroiru, Lif, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2010.

Baharuddin, H, Wahyuni, Nur, Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2010

Darmawan, Deni, Pendidikan Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Teori dan Aplikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.

Grolier International, Ilmu Pengetahuan Populer, Jilid 10, Jakarta, Ikrar Mandiri Abadi, 2004.

HP, Emansa, Akses Internet GPRS Melalui Laptop, HP, Pekanbaru: AndiYogyakarta, 2016

Idris Husni, Pengembangan Multi Media Berbantuan Komputer Mata kuliah Teknologi Pendidikan, Tesis : Universitas Negeri Yogyakarta, 2007.

Kasiram, Moh, Metodologi Penelitian, (Cet, II, Malang : UIN Maliki Press, 2010)

Martini, H. Mimi dan Hadari ,Manusia Berkualitas, Cet;1, Jakarta; Gadjah Mada University Pres, Yogyakarta, 1994.

Murni, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2009

Mudjiono, Ricky, Prihermono, Dicky, FX, Edisi Terbaru Kamus Umum Bahasa Indonesia, Scientific Press, 2008.

Rusman, Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Cet, 2, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2011)

Sadiman, S. Arif, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Cetakan-17, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014

Sadiman, S. Arif, dkk, Seri Pustaka Teknologi Pendidikan, No. 6, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Cetakan-6, Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada, 2003

Singgih Santoso, Statistik di Era Informasi dengan SPSS versi 23, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015

Sitepu, B.P, Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014

Sutrisno, Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Gaung Persada Press, 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R8D, Bandung: Alfabeta,

Tirtaraharja, Umar, Pengantar Pendidikan, Cet, II, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2005

Usman, Basyiruddin,M. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

--------, Petunjuk Penggunaan Aplikasi Quipper School, Modul, 2014

--------, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, Cet, II, Surabaya : IMTIYAZ, 2015

-------, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian I Ilmu Pendidikan Teoritis, Bandung: IMTIMA, 2007.

http://indonesia.quipperschool.com/tanggal, ( diakse 18 Agustus 2019 )




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v1i2.1407

Article Metrics

Abstract view : 910 times
PDF - 1464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)