Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo

Sri Wahyuni Machmud, Rivai Bolotio, Abrari Ilham

Abstract


Skripsi ini meneliti tentang efektivitas metode tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo. Metode tahfidz yang di maksud ini pada Pondok Pesantren yaitu, salah satu Pondok Pesantren yang mendirikan program tahfidz Al-Qur’an yang sampai saat inn berjalan dengan baik. Tujuannya dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang penerapan metode tahfidz dan kendala penerapan metode tahfidz di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesimpulan yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah yang pertama dalam penerapan metode tahfidz di pondok pesantren itu dimulai dengan persiapan metode tahfidz dimulai dengan santri mempersiapkan perangkat pembelajaran yaitu alat tulis menulis dan Al-Qur’an, pelaksanaan metode tahfidz para santri mewajibkan murojaah  hafalan di malam hari sebanyak 20 kali bacaan lalu disetorkan kepembimbingnya di subuh harinya, evaluasi metode tahfidz santri disuruh maju serta guru yang bersangkutan mengetes bacaan dari masing-masing santri. Kendala metode tahfidz yaitu terdapat factor internal dan factor eksternal pada saat program tahfidz  Al-Qur’an itu berjalan  

Kata kunci:metode tahfidz Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdluwaly, Cece. (2017). Mitos-Mitos Metode Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Laksana.

Hafidz, Muhammad, (2017). “Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang ”, Skripsi, Palembang, UIN Raden Fatah palembang.

Hafizh, Yahya, Abdul, Fathah Al-. (2010). Revolusi Menghafal Al-Qur’an Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup, Surakarta : Insan Kamil.

Lutfy, Ahmad, (2013). “Metode Tahfidz Al-Qur’an” Holistik Vol. 14 No. 02.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Cet. XXXVI; Bandung PT. Remaja Rosdaknya.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penilitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar, Hapzi Ali, Mardalena. (2016). Efektivitas Pimpinan Kepemimpinan Transformative dan Komitmen Organisasi, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mulham, Abdullah Al-. (2013). Menjadi Hafidz Al-Qur’an Dengan Otak Kanan, Jakarta: PustakaIkadi.

Murado, Rachmat. (2019). Cara Gampang Menghafal Al-Qur’an Untuk Pemula dan Orang Sibuk, Jakarta: Wahyu Qolbu.

Rumayulus, (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ruumayulis. (2005). Metode Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Wahid, Wiwi Alawiyah. (2012) Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an, Jogjakarta: Diva Press.

Zawawie, Mukhlish. (2011). Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1709

Article Metrics

Abstract view : 2821 times
PDF - 1715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)