Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 5 Lolayan Bolaang Mongondow

Siskasasfitri Age, Mutmainah Mutmainah, Satriani Satriani

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Lolayan Bolaang Mongondow. Pembelajaran daring yang dimaksudkan di sini ialah pembelajaran daring dengan menggunakan media sosial aplikasi WhatsApp. Adapun yang dimaksudkan dengan hasil belajar siswa adalah hasil akhir pembelajaran yang dicapai oleh siswa dalam menentukan keberhasilan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Lolayan Bolaang Mongondow. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan total sampling sejumlah 45 siswa kelas VIII yang Beragama Islam.Teknik pengumpulaan data dalam penelitian ini menggunakan Angket dan Tes pilihan ganda. Instrumen ini sebelum digunakan untuk menjaring data, maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya untuk teknik analisis data dilakukan melalui uji prasyarat hipotesis dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji homogenitas untuk melihat kesesuaian pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, kedua variabel dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat secara umum bahwa pembelajaran daring dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Lolayan Bolaang Mongondow terdapat pengaruh yang negatif dengan signifikan pada taraf kepercyaaan 5% = 0,05. Hal ini dapat dilihat dari nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (5,147) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,017), kemudian nilai 𝑅2 sebesar 0,206 atau 20,6% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran daring sedangkan sisanya sebesar 79,4% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga bisa dilihat bahwa penelitian ini menerima 𝐻1 dan menolak 𝐻0.

Kata kunci: pembelajaran daring, hasil belajar, PAI


Full Text:

PDF

References


Afifa, Aisyah Nur dkk. “Pengaruh Penggunaan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 2 Jember” Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni 2021.

Al-Maragi, Ahmad Mustafa. Tafsir Al-Maragi Terjemahan Bahrun Abu Bakar Semarang : Toha Putra, 2016.

Angelina, Lusy dan Rahadi, Dedi Rianto. “Strategi Pengelolaan Zoom Meeting dalam

Proses Pembelajaran di Masa Pandemi” Jurnal Pendidikan Teknologi

Informasi (Jukanti), Vol. 3, No. 2, November 2020.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Ashoumi, Hilayah dan Shobirin, Mochammad Syafiuddin. “Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah PAI” Journal of Education and Management Studies, Vol. 2, No. 4, Agustus 2019.

Aswan. “Memanfaatkan WhatsApp Sebagai Media Dalam Kegiatan Literasi di Masa

Pandemi Covid-19” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 16, No. 2 Tahun 2020.

Chairudin, Achmad. “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Kelas 5 dan 6 MI Ma’arif Gedangan, Kec Tuntang, Kab Semarang”. Skripsi, Salatiga, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2020.

Dachrud, Musdalifah. Psikologi Pendidikan. Manado: STAIN Manado Press, 2013.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Firmasnyah, Rizki. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta

Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung”. Skripsi, Bandar Lampung

Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu

Keguruan Univesitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.

Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistik 1: Statistik Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Hayati, Mardiyah. Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Pekanbaru: Al-Mujtadah Press, 2012.

Isti’dah Feida Noorlaila. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher, 2020.

K, Syarifuddin. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Depublish, 2018.

Khusnan Ach dan Wahyudi Muhammad Irfan. “Pengaruh Pembelajaran Daring Masa

Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidiyah

Miftahul Ulum Desa Watestanjung Wringinanom Gresik “Jurnal Pendidikan

Agama Islam, Vol. 1, No. 2, Juni 2021.

Mahardini, Maya Mahitsa Agung. “Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom

pada Pembelajaran Daring Fisika” Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. VIII, No. 2, September 2020.

Muhammad, Abu Ja’Far bin Jarir Ath-Thabari. Tafsir Ath- Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.

Nugroho, M. Yusuf Amin. “Metode, Media, dan Problematika Pembelajaran PAI

Berbasis Daring di Tingkat Madrasah Aliyah” Jurnal Paramurobi, Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2020.

Nurrita, Teni. “Pengambangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Misykat, Vol. 03, No. 01, Juni 2018.

Parwati, Ni Nyoman. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa

Tengah: CV. Sarnu Untung, 2020.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Rahman, Suci Febriyantika. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Masa Covid-19 di SMP Islam Nurussalam Al-Khoir Mojolaban

Sukoharjo”. Skripsi, Surakarta, Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Agama Islam Surakarta, 2020.

Ratnasari, Devi Dkk. “Penerapan Aplikasi WhatsApp Terhadap Minat dan Prestasi

Peserta Didik” Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, Vol. 6, No. 2,

September 2020.

Rofifah, Ainy bariqotur. “Pengaruh Sistem Pembelajaran Online Terhadap Hasil

Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa kelas VIII Selama Pandemic Covid-19 di

MTs Ar-Rohman Blaworejo-Lamongan”. Skripsi, Blaworejo-Lamongan,

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan

Ilmu Keguruan, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 2021.

Sabrina, Farah. “Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Inforrmation

Search Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta pada

Kondisi Covid-19”. Skripsi, Surakarta, Universitas Muhammadiyah

Surakarta, 2020.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2009.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada,

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido, 2019.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta,2019.

Suhery. Dkk. “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom

pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan” Jurnal Inovasi Pendidikan,

Vol. 1, No. 3, Agustus 2020.

Sulistyorini. Evaluasi Pendidikan: Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Yogyakarta: Teras, 2009.

Suryadi, Ahmad. Evalausi Pembelajaran Jilid 1. Jawa Barat : CV Jejak, anggota IKAPI,

Susanti, Wati. “Impelementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan

Agama Islam Tingkat SMP di Masa Pandemic Covid-19” Jurnal Inovasi

Pendidikan, Vol.7 No. 2, November 2020.

Sholikin, Rizkio. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sambit Ponogoro Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi, Ponogoro, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponogoro, 2021.

Syahputra, Edy. Snowball Throwing Tingakatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing, 2020.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usmadi. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas)”

Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Maret 2020.

Yolandasari, Mega Berliana. “Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Kelas II Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo

Boyolali”. Skripsi, Salatiga, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah

Ibtidiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri

Salatiga, 2020.

Yuliani, Meda. Dkk. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori & Penerapan.

Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Yulianti, Ina. “Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Model ELT

Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik” Jurnal Technical Education Development Center, Vol. 15, No. 2, Mei 2021.

Yusrizal. Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan.

Banda Aceh : Syiah Kuala University Press, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1712

Article Metrics

Abstract view : 3565 times
PDF - 913 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)