Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Muslim Di Pulau Gangga Dua, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara

Febrianti Angginaloi, Ardianto Ardianto, Nur Fadli Utomo

Abstract


Studi ini mengkaji tentang peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani dalam pengembangan literasi masyarakat Muslim di Pulau Gangga Dua Kec. Likupang Barat Kab. Minahasa Utara. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani dalam pengembangan literasi masyarakat dan Bagaimana hambatan implementasi fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani dalam pengembangan literasi masyarakat muslim di Pulau Gangga Dua, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian dari pengelola serta masyarakat sebagai pengunjung. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi literasi masyarakat yaitu usia, jenis kelamin, intelegensi, kemampuan membaca, kebutuhan psikologis, jenis buku, jumlah buku. Hal ini dikarenakan faktor tersebut berasal dari dalam diri seseorang dan berasal dari luar. 2) hambatan implementasi yang terjadi di dalam TBM Tut Wuri Handayani yaitu koleksi buku-buku agama Islam masih kurang, pendampingan dalam kegiatan masih perlu ditingkatkan, serta ruang membaca yang masih menggunakan ruangan kantor untuk tempat penyimpanan buku-buku.

Full Text:

PDF

References


Ati Suwanto, Sri. (2019). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat, Jurnal Kajian Budaya Perpustakaan dan Informasi, https://ejournal2.undip.ac.id, Vol 1 No 1, 2017, 27 Januari.

Antoro, Billy. (2018). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Masyarakat. (2006). Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Indonesia Membaca dan Kampung Literasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Ministry Of Education and Culture. (2017). Gerakan Indonesia Membaca Reading Indonesia Movement. Jakarta: Directorate General of Early Childhood and Community Education Directorate of Literacy and Equivalency Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1760

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 278 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)