Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar”

Gina Nurvina Darise

Abstract


Kebijakan “Merdeka Belajar" merupakan ide dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam rangka memperbagus sistem pendidikan nasional. Konsep “Merdeka Belajar” merupakan usaha untuk mewujudkan kemerdekaan dalam berpikir. Pendidikan Agama Islam sebagai rangkaian mata pelajaran Islam disampaikan baik secara formal di sekolah ataupun informal dan nonformal di rumah dan masyarakat dengan materi yang diajarkan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi harus merespons kebijakan Merdeka Belajar ini secara baik.Dengan menggunakan metode penelitian secara library research didapatkan kesimpulan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam versi “Merdeka Belajar” dirancang untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan beripikir kritis, memiliki kreativitas, memiliki kemampuan dan keterampilan berkomunikasi serta membuat peserta didik memiliki kerja sama dan mampu berkolaborasi agar nantinya peserta didik bisa memiliki pemikiran yang lebih matang, lebih bijak, lebih cermat agar peserta didik mampu untuk memahami, mengembangkan dan menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Amin, R. (2013). Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. In Diidaktika Religia:Vol 1 No. 3.

Asfiati. (2017). Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pra Dan Pasca Undang-Undang RI. Multidilinear, 4(1).

Asfiati. (2020). Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Versi Program Merdeka Belajar Dalam Tiga Era:Revolusi Industri 5.0, Era Pandemic Covid-19 Dan Era New Normal.Jakarta:Kencana.

Dahwadin & Nugraha. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Wonosobo. Mangku Bumi Media.

Daulay,H.P. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Dedi, P. (2007). Belajar Sejati VS Kurikulum Nasional Kontestasi Kekuasaan dalam Pendidikan Dasar. Jogjakarta:Kanisius.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. (2020). Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta.

Hasan,S. (2017).Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sekolah.

Al-Ibroh, 2(1). 60-87.

Ihwanuddin, Pulungan & Asfiati. (2019). Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0 In International Journal of Psysiology (Vol.1,

Issue 1).

Mahfud, D. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. Jogjakarta:Deepublish.

Manalu, W,B. (2020). Konsep “Merdeka Belajar”:Kemana Arah Pendidikan Indonesia. Universitas Jambi.

Manizar, E. (2018). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(2).

Mardani. (2017). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Kencana.

Ma'rufah, A. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Edukasia.

Mubin, F. (2019). Kajian Literatur Pendidikan Agama Islam di SMA dan Perguruan Tinggi. 6 (11). Halid Hanafi,D. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta:Deepublish.

Murni, S.M. (2020). RPP 1 Halaman Bisakah Hadirkan Merdeka Belajar?Bisa, Ini Caranya…Kompas.

Mustaghfiroh,S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar”Perspektif Aliran Progresivisme

John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran.

Nehru, N.A.(2019). Asesmen Kompetensi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional

Pendidikan Indonesia:Analisis Dampak dan Problem Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Projo, W.A. (2019). Perhatikan, Ini Beda Zonasi PPDB 2019 dan PPDB 2020, Kompas.

Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak: Dalam Perspektif Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Indramayu. Adab.

Syukur, A. (2010). Pengantar Studi Islam. Semarang. Pustaka Nuun.

Tohir, M. (2019). Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yamin Muhammad, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1),126-136.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1762

Article Metrics

Abstract view : 19134 times
PDF - 8957 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)