TIPOLOGI MANAJEMEN TRADISIONAL DAN MODERN DAN KLASIFIKASINYA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pesantren merupakan model pendidikan asli Indonesia yang telah lama sekali ada di Indonesia. Pesantren merupakan warisan budaya pendidikan zaman Hindu ratusan tahun sebelum masuknya Agama Islam di Nusantara. Setelah menginjak masa modern yang dimulai dengan bergabungnya pendidikan umum dengan pendidikan agama dalam satu sekolah, banyak lembaga pendidikan Islam yang masih menggunakan manajemen model tradisional sedangkan sebagian besar telah berubah menjadi lebih modern. Perbedaan yang mendasar dari tipologi manajemen tradisional dan modern adalah tata kelolanya yang bersifat adaptif dan menyesuaikan terhadap kebutuhan stakeholder pendidikan serta bersifat lebih terbuka dengan masukan.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Anzar, Perkembangan dan Madrasah di Indonesia dari Masa Kolonial Sampai Orde Baru. Paramita Vol. 23, No. 2, 2013
Arif, Mohammad. Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 28, No. 2 2013
Asiah, T, Siti. Dasar-dasar Ilmu Manajemen, (Yogyakarta : Mahameru Press, 2017).
Maunah, Binti. Tradisi Intelelktual Santri. (Yogyakarta : Teras, 2009).
Dhofier , Zamakhsyari, Tradisi Pesantren : Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. (Jakarta : LP3ES, 2015).
Dhillon, B. S. Engineering and Technology Management; Tools and Applications. (Norwood : Artech House, 2002)
Hasnani, Pengendalian Mutu Sekolah, (Riau:PT Indragiri Dot Com, 2019)
Hanafi , M, Mamduh. Manajemen. (Tangerang : Universitas Terbuka, 2021).
Nihwan, Muhammad, Paisun. Tipologi pesantren (Mengkaji Sistem Salaf dan Modern), Jurnal pemikiran dan ilmu keislaman. Vol. 2 No. 1, 2019
Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, (Jakarta: Paramadina, 1997)
Muhajir, As’aril Total Quality Management Teori & Praktik Manajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan, (Yogyakarta:Ar-Ruzz Media,2014)
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia, (Jakarta : Prenada, 2012)
_____________. Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. (Jakarta : Kencana, 2019).
Nasucha, R, Muhammad., Rapsjani, F, A, Mochamad., Puspitasari, M A, Ditya. Urgensi Penerapan Prinsip Manajemen Modern Pada Lembaga Pendidikan. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol 3, No 3, september 2021
Nia Indah Purnamasari. Konstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Era Global: Paradoks dan Relevansi. El-Banat :Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol 6, No. 2 2016. 202
Rouf, Abdur. Transformasi dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 2, November 2016/1438
Ramayulis. Sejarah Pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia, 2011).
Samsudin, Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren Di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies (CoIS) 2019. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/download/8063/3655
Shulhan, Muwahid, Manajemen Pendidikan Islam; Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. (Yogyakarta : Teras, 2013).
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1792
Article Metrics
Abstract view : 1856 timesPDF - 4112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)