KONSEP SABAR DALAM BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Mumu Zainal Mutaqin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sifat sabar dalam diri seseorang , kerena sabar identik dengan sikap menahan emosi dari yang mendorong seseorang berbuat kesalahan dan kemungkaran yang dipandang salah oleh ajaran agama Islam. Sabar dapat diartikan bahwa seseorang hamba Allah dapat bertahan diri untuk tetap taat beribadah mengamalkan segala sesuatu yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhkan diri atau bersikap sabar untuk tidak melakukan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT dengan ikhlas guna mengharapkan ridha dan pahala yang besar dari Allah SWT., Sabar Seseorang karena gerakan oleh aqidah tauhid lebih berkualitas dari pada sabar yang didasari oleh kekuatan akal dan perasaan semata. Oleh karena itu, Al-Qur'an Mendorong dan membimbing manusia agar senantiasa berbuat sabar dengan landasan aqidah tauhid. Artinya bahwa setiap kegiatan dan pekerjaan apapun yang dilakukan tentu di motorinya oleh kekuatan aqidah tauhid dalam petunjuk dan bimbingan Al-Qur'an Al-Karim.

Full Text:

PDF

References


Ernadewita. 2019. Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat. P-ISSN : 2356-413X E-ISSN : 2715-8403. Vol. 3 No. 1 Tahun 2019

Firmayanti, Ade Imelda. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. II Halaman 240.

Kamila, Indrawati Noor dan Ujang Endang. 2016. Relevansi Tujuan Pendidikan Islam Dengan Konsep Sabar Menurut Imam Al-Gazâlî Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. Tarbiyah Al-Aulad. Volume 1, No. 2.

Miskahuddin. 2020. Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur'an Dan Al-Hadits Multi Perspektif. Vol. 17, No. 2, Juli . e-ISSN: 2599-2619.

Mujib, Abdul. 2015. Implementasi Psiko¬spiritual Dalam Pendidikan Islam. Madania. Vol. 19, No. 2, Desember.

Mukhtar. 2010 Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah (Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Kepustakaan), (Jakarta: Gaung Persada Press.

Mutaqin, Mumu Zainal, Nurwadjah Ahmad dan Andewi Suhartini. 2021. Tanggung Jawab Pendidik Dan Implikasinya Terhadap Lingkungan Pendidikan Islam. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman P-ISSN: 1907-2333 E-ISSN: 2685-9211.

Rohman, Miftahur dan Hairudin. 2018. Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 9, No. I 2018.

Sukino. 2018. Konsep Sabar Dalam Al-Quran Dan Kontekstualisasinya Dalam Tujuan Hidup Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Ruhama. Volume 1 No.1, Mei . Issn: 2615-2304.

Sutarman. 2014. Manajemen Sabar Motivasi Sukses Dalam Kehidupan. Al-Misbah, Volume 02 No. 02 Juli.

Sopyan Hadi. 2018. Konsep Sabar Dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, Vol. 1, No. 2, September: 473 – 488.

Yusuf. Dona Kahfi Ibala. Moh. Toriqul Chaer. Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat. AL-MURABBIVolume 4, Nomor 2, Januari 2018 ISSN 2406-775X.

Zulhammi. 2016. Tingkah Laku Sabar Relevansinya Dengan Kesehatan Mental. Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, No. 01 Januari.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1853

Article Metrics

Abstract view : 6857 times
PDF - 4675 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)