Tingkat Kepuasan Belajar Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Manado
Abstract
Studi ini mengkaji tentang tingkat kepuasan belajar mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi zoom cloud meeting. Adapun pokok permasalahannnya yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa dalam belajar menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Manado.
Penulis dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling sejumlah 51 mahasiswa yang ada di kelas pendidikan agama islam (PAI) semester lima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Instrumen ini sebelum digunakan untuk menjaring data, maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu mendsekripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat secara umum bahwa tingkat kepuasan belajar mahasiswa memiliki tingkatan kepuasan yang cukup dari responden yang memberikan jawabnnya dengan pertanyaan angket yang diwakili 5 indikator pelayanan yaitu indikator reability (2,8), tangible (2,6), ressponsiviness (2,6), assurance (3) dan emphaty (2,65) dan untuk nilai rata-rata dari keseluruhan indikator yaitu sebesar (2,7). Nilai ini masuk kategori cukup yang artinya tidak puas jika dilihat dalam tabel konsultansi perhitungan WMS, Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang belajar dengan menggunakan zoom cloud meeting tidak puas
Full Text:
PDFReferences
Akdon dan Sahlan Hadi, Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Managemen. Bandung : Dewa Ruchi, 2005
Angelina Lusy dan Dedi Rianto Rahadi, “Strategi Pengelolaan Zoom Meeting Dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi dalam Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 3, No. 2, November 2020.
Arikunto Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Dachrud Musdalifah, Psikologi Pendidikan Manado: STAIN Manado Press, 2013.
Hakim Ihsanul, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan Curup: LP2 STAIN Curup, 2011.
Kurniawan Syafri, “Penerapan E-Learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran PAI Dimasa Pandemi COVID-19”, Skripsi sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 2020.
Mahyudin Barni, Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an Yogyakarta : Pustaka Prisma Yogyakarta 2011.
Mardalis, Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Martono Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.
Nasution Leni Masnidar, “Statistik Deskriptif” dalam Jurnal Hikmah 14, No.1,2017.
Priyatno D., "Mandiri Belajar SPSS”, Yogyakarta: MediaKom, 2008.
Putra I Dewa Gede Rat Dwiyana, “Peran Kepuasan Belajar Dalam Mengukur Mutu Pembelajaran Dan Hasil Belajar” Jurnal Penjamin Mutu 5, No. 1 Februari 2019.
Sopiatin Popi. “Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa”. Bogor: Ghalia Indonesia 2010.
Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan” Cet 25: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Alfabeta Bandung 2017.
Suharta Tata, Pengembangan Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Sekolah Jurnal Evaluasi Pendidikan 8, No. 2, Oktober 2017.
Suhimarita Juzinar, Aplikasi Akuntansi Persediaan Obat Pada Klinik Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Lampung dalam Jurnal Sistem Informasi AkuntansiI. 2, No. 1 Mei 2019.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionalTeguh Triwiyanto, Pengantar Pendidikan Jakarta, PT Bumi Aksara, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1854
Article Metrics
Abstract view : 588 timesPDF - 503 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)