Gempa Bumi di Palu dalam Perspektif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Manado : Kajian Teologi Bencana
Abstract
Penelitian ini berjudul Gempa Bumi di Palu dalam Perspektif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Manado: Kajian Teologi Bencana. Dalam penelitian ini penulis ingin melihat sejauh mana guru-guru pendidikan agama Islam di kota Manado menghubungkan antara peristiwa gempa bumi di Palu dengan kemurkaan dan ketetapan Allah swt. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini diambil oleh penulis di Kota Manado provinsi Sulawesi Utara. Responden wawancara berjumlah lima belas orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengajar di jenjang sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri yang ada di kota Manado. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu Field Research (penelitian lapangan), serta di dukung oleh teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi di Palu jika dilihat dari perspektif guru-guru maka tidak terlepas dari kuasa Allah swt sebagai pencipta alam semesta. Allah swt menurunkan bencana sebagai teguran untuk manusia karena telah banyak melalaikan perintahNya serta tidak menjauhi laranganNya sehingga Allah swt menurunkan bencana untuk menunjukkan dan memperlihatkan kekuasaanNya agar manusia kembali kejalan yang benar serta bencana tersebut terjadi atas ketetapan Allah tidak dapat dimundurkan, dimajukan ataupun di rubah oleh manusia.
Kata Kunci: Gempa Bumi, Perspektif, Guru PAI, Teologi, Bencana
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Andiani, Akhmad Solikhin dkk, ed. Andiani dkk, di Balik Pesona Palu Bencana Melanda Geologi Menata, Bandung: Badan Geologi, 2018.
Firdausi, Ramadina Sabila, “Pemikiran Teologi Asy’ariyah”, Skripsi Sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Hummaniora, UIN Walisongo Semarang, 2019.
Hasbi, Muhammad, Ilmu Kalam Memotret Berbagai Aliran Teologi dalam Islam, Yogyakarta: Trustmedia Publishing, 2015.
Hamsah, “ Theodicy: Pendekatan Tauhidi dalam Menghadapi Musibah dan Bencana”, Jurnal Tarjih 12, no. 2, 2014.
Maulida, Ali, “Bencana-bencana Alam pada Umat Terdahulu dan Faktor Penyebabnya dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Tafsir Maudhu’i Ayat-ayat tentang Bencana Alam”, Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2, 2019.
Munawir, “Fenomena Bencana Alam dalam Al-Qur’an: Perspektif Pergeseran Teologi dari Teosentris ke Antroposentris”, Maghza 1, no. 2, 2016.
Mustaqim, Abdul, “Teologi Bencana dalam Perspektif Al-Qur’an”, Nun 1, no. 1 2015.
Parwanto, Wendi, “Teologi Bencana Perspektif Hadis: Mendiskusikan antara yang Menghujat dan yang Moderat,” Institut Agama Islam Negeri Yogyakarta 2, no. 1, 2019.
Rustiawan, Hafid, “Perspektif tentang Makna Baik dan Buruk”, Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, No. 2, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1857
Article Metrics
Abstract view : 541 timesPDF - 786 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)