Implementasi Kegiatan Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Peserta Didik di MTs Negeri 2 Kotamobagu

Maya Nurdin Daeng

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia terhadap remaja masjid Al-Muttaqin, dan untuk mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan BKPRMI sebagai upaya untuk membentuk karakter terhadap Remaja Masjid di Kelurahan Singkil Satu Kota Manado.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pegelolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ditemukan bahwa BKPRMI Kecamatan Singkil berperan sagat penting dalam membentuk karakter remaja ditengah perkembangan teknologi dan pergaulan bebas. Adapun bentuk pembinaan karakter yang diberikan kepada remaja masjid al-muttaqin dengan melaksanakan program tadzkir keliling setiap minggu di masjid-masjid yang berbeda, merekomendasikan narasumber, atau menjadi fasilitator di diskusi-diskusi bersama remaja dan juga sebagai mc, atau pembawa materi dalam kegiatan yang diadakan, kemudian dengan mengagendakan aksi kemanusiaan dalam hal ini pengumpulan dana korban bencana dilakukan dengan Aksi di jalanan. Dan kegiatan yang dilaksanakan dalam membentuk karakter remaja masjid Al-Muttaqin dilakukan melalui kegiatan tadzkir tiap minggu, kajian ke-Islaman serta peringatan hari besar Islam, pengkaderan dan bakti sosial.

Full Text:

56-76

References


Abidin, A Mustika. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melaui Metode Pembiasaan”. Didaktika Jurnal Kependidikan, Vol. 12, No. 2, Desember 2018.

Abdillah dan Rahmat Hidayat. Ilmu Pendidikan. Medan: Lembaga Peduli Pembembangan Pendidikan Indonesia, 2019..

Aisyah. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana, 2018.

Chairiyah. “Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal Literasi, Vol. 4, No. 1, Juni 2014.

Fadilah, dkk. Pendidikan Karakter. Bojonegoro: CV. Agrapana Media, 2021.

Gora, Radita. Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: CV. Jakad Publishing, 2019.

Hardani, dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

Indra, Delfi. “Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Provinsi Sumatera Barat (Studi Komparatif di tiga Daerah)”. Jurnal al Fikrah, Vol. 2, No. 2, Desember 2014.

Kamus Bahasa Indonesia Edisi Elektronik (2022).

Kementrian Pendidikan Nasional. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter; Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011.

Kokom Komalasari & Didin Saripudin. Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasi Living Values Education, Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.

Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019.

M Ali, Aisyah. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana, 2018.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Muhammad Yasir & Ade Jamaludin. Studi Al Qur’an. Riau: CV. Asa Riau, 2016.

Muzakkir, “Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al Qur’an: Metode Maudhu’i dalam Perspektif Hadis”. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 18, No. 1, Juni 2015.

Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo: Cakra Books, 2014.

Nurkholis. “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1, November 2013.

Samrin. “Pendidikan Karakter: Sebuah Pendekatan Nilai”. Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 9, No. 1, Januari 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2019.

Sumiati. Skripsi “Pembentukan Karakter Peserta didik Melalui Pembiasaan Tadarus Al Quran di MTs Al Fajar Kabupaten Tanjung Jabung Timur”, Jambi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin. 2021.

Supiana dan Rahmat Sugiharto. “Pembentukan Nilai-nilai Karakter Islami Peserta didik Melalui Metode Pembiasaan”. Jurnal Educan, Vol. 1, No. 1, Februari 2017.

Tsauri. Sofya, Pendidikan Karakter: Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press, 2015.

Wuri Wuryandani Fathurrohman & Unik Ambarwati, “Implementasi Pendidikan

Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta”,

Jurnal Karakter Mandiri, Vol. 35, No. 5, Januari 2020.

Yuli Erviana, Vera. “Penanganan Dekadensi Moral Melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 14, No. 1, 2021.

Yusriyyah, Riri. Skripsi “Implementasi Program Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jakarta Selatan”, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah. 2019.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i1.2322

Article Metrics

Abstract view : 358 times
56-76 - 381 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)