Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa di MTs Swasta Nurul Yaqin Tondano

Nurhayati Nurhayati, Abrari Ilham, Nurul Masita Pombaile

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Yaqin Tondano terkait dengan peran guru Akidah Ahklah dalam penguatan moderasi beragama di MTs Nurul Yaqin Tondano. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru Akidah Ahklah dalam penguatan moderasi beragama di MTs Nurul Yaqin Tondano.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh primer dan sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa Di MTsS Nurul Yaqin Tondano yaitu melalui pembelajaran dalam kelas. Adapun peran yang dilakukan yaitu: Guru sebagai Conservator, Guru sebagai Innovator, Guru sebagai Transmiter, Guru sebagai Organizer. Nilai-nilai Moderasi Beragama Yang di Kuatkan Guru Akidah Akhlak Di MTsS Nurul Yaqin Tondano antara lain: Nilai Tasamuh atau (Toleransi), Nilai Tawazun (Keseimbangan Nilai I’tidal (Adil). 

Kata kunci: Peran Guru, Moderasi Beragama, Akidah Akhlak


Full Text:

112-125

References


Aedi Nur, M.Pd, Manajemen Pendidikan & Tenaga Pendidikan Yogyakarta: (KDT), 2016

Akhmadi Agus, ”Moderasi Beragama dalam Keagamaan Indonesia” jurnal Diklat Keagamaan Vol. 13 No. 2 (2019)

A. Khoirul Anam dan Abdul Aziz , Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-nilai Islam (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2021)

Armai Arief, Pengantar Ilmu Pendidikan Dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

Aswan Zain, Syaiful Bahri Djamarah Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Asyari, M.A, Hasan Nukilan Pemikiran Islam Klasik Gagasan Pendidikan Al-Ghazali, (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1999)

Ahmad Fauzi “Moderasi Islam, Untuk Peradaban Dan Kemanusiaan.” Jurnal Islam Nusantara 2.2 (2018)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 2007)

Daryanto, Guru Profesional, (Yogyakarta: Gava Media, 2013

Djamarah Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000)

Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000)

Encep Supriyatin Jaya, Heri Gunawan, Mahlil Nurul Ihsan, “Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia di Kota Bandung,” Atthulab Islamic Religion Teaching and Learning Jurnal Vol. 7 No. 2 (2021)

El Fiah, Rifda Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2017)

Hardani, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Hidayat Nur, Akidah Akhlak dan Pembelajarannya, (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2005)

Jumbriany Adiko, Sulaiman Mappiase, dan Nurhalimah, “Peran Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Tanamon Kecamatan Sinosayang Kabupaten Minahasa Selatan” Journal Of Islamic Education: The Teacher Of Civillization Vol. 03 No. 01 (2021)

Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. (Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI 2019)

Luthiyah, dan Muhamad Fitrah Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, (Jawa Barat : CV Jejak, 2017), h.

L.Roopnarine Jaipaul, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. (Jakarta:Kencana, 2011)

M. Mahbubi, Pendidikan Karakter Aswaja, (Yogyakarta : Pustaka Ilmu Yogyakarta, 2013)

Mardawani,Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif

Moleong Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014)

Momon Sudarman, Profesi Guru Dipuji, Dikrititisi Dan Dicaci (jakarta: pt raja grafindo persada, 2013)

Nikmah Fitrotum, Implementasi Konsep At Tawasuth Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Dalam Membangun Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar), Jurnal Tarbawi, Vol. 15, No. 1.

Nur Afrizal dan Mukhlis. “Konsep Wasathiyah Dalam Al-Qur’an: (Studi Komparatif Antara Tafsir At-Tanwir Dan Aisar AtTafsir)” Jurnal An-Nur. Vol. 4. 2 (2015)

Prastowo Andi, Pembelajaran Konstruktivistik-Scientifik untuk Pendidikan Agama disekolah/ Madrasah,

Purbajati Hafizh idri, Peran Guru Dalam Membangun Moderat Beragama di Sekolah Falsifa (2020)

Ropi Ismatu, dkk, Pendidikan Agama Islam di SMP dan SMA, (Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2012)

Risnaedi, Astri Sulistiani Konsep Penanggulangan Perilaku Menyimpang Siswa, (Jawa Barat : Penerbit Adab, 2021)

Sri Wahyuni Haibuan, dkk, Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi Dan Bisnis, (Jawa Barat : Media Sains Indonesia, 2021)

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&d, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Suharto Babun, Moderasi Beragama: Dari Indonesia untuk Dunia, (Yogyakarta: LKIS, 2019).

Saifullah,Warul Walidin, dan Tabrani, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Grounded Theory, (Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press, 2015)

Siyoto, Sandu dkk, Dasar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015)

Skripsi Fitrah Minabari, “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecersdasan Emosional Siswa Di MTs Darul Istiqamah Manado”. (2018)

Skirpsi Gita Amalia Isini, “Pengaruh Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Moderasi Beragama Siswa Muslim Kelas XI Di SMA Negeri 7 Manado. (2022)

Skripsi Achmad Akbar, ”Peran Guru PAI Dalam Membangun Moderasi Beragama Di SDN Beriwit 4 dan SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya”. (2020)

Tim Penulis, Indahnya Moderasi Beragama (Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020)

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Tahun 2005)

Yusuf Syamsu,Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011)

Zahrudin AR, Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004

Zubaedi, M.Ag., M.Pd, Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah) Depok: Rajawali Pres, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2705

Article Metrics

Abstract view : 351 times
112-125 - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)