Konstruksi Pemahaman Pluralisme dan Relevansinya dengan Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado
Abstract
Perjumpaan agama-agama merupakan fakta pluralitas di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara. Perjumpaan agama-agama memberikan keterbukaan interaksi yang memiliki peran penting menentukan kualitas hubungan antar umat beragama. Perjumpaan yang terjadi dapat membentuk interaksi sosial yang solid, dan memperkecil potensi konflik. Perjumpaan agama-agama tidak hanya sekedar pertemuan dua orang atau lebih pemeluk agama dalam konteks pribadi, tetapi perjumpaan yang dimaksud ialah perjumpaan dialogis untuk saling memahami proses peribadatan dan ritual keagamaan masing-masing dalam bingkai moderasi beragama. Dalam hal ini pendidikan agama sudah seharusnya lebih “didialogiskan” agar kegiatan edukasinya mampu menutrisi tumbuh kembang dan wawasan global siswa tentang pluralisme dan moderasi beragama. Moderasi beragama sebagai tahapan selanjutnya dari sikap pluralis dalam cakupan yang lebih luas. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis skala kecenderungan menggambarkan bahwa 68% siswa Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado memiliki tingkat pemahaman dengan kategori setuju terhadap sikap pluralis dan penerapan moderasi beragama dalam berbagai indikator diantaranya komitmen kebangsaan, anti kekerasan, tolerasi dan ramah terhadap budaya lokal di masyarakat. Konstruksi pemahaman yang tergambar adalah konstruksi pemahaman ekstrapolasi yang mencakup pemikiran atau prediksi yang dilandasi oleh pemahaman kecenderungan atau kondisi yang dapat dijelaskan oleh siswa dalam bersikap plural dan moderat.
Kata kunci: Pluralisme dan Moderasi BeragamaReferences
Abdullah, M. Amin Abdullah. Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000
Abidin, M. Zainal. Argumen Pluralisme Agama Muhammad Syahrkr, Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol. 9, No. 2, Juli 2010
Arif, Mahmud. Pendidikan Agama Islam Inklusif, Jurnal Pendidikan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Vol. I, No. 1, Juni 2017
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Dianto, Icol. Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital, Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, Vol. 5, No 2, Tahun 2021
Herdiansyah, Haris, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2010
Hilmy, Masdar. Pendidikan Islam & Tradisi Ilmiah, Surabaya: Pustaka Adea, 2018 Kementerian Agama RI, Tanya Jawab Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang
dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019
Moleong, Lexy, Metododologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Mujiburrahman, Mengindonesiakan Islam: Representasi dan Ideologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Nuriz, Adib Fuadi. Problem Pluralisme Agama, (Ponorogo: Cios UNIDA, 2015 Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2002
Rahman, M. Syaiful. Islam Dan Pluralisme, Jurnal Fikrah, Vol. 2, No. 1, Juni 2016 Rahmat, Noor. Relasi Dengan Tuhan III, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Kelompok Gramedia, 2005
Salim, Arhanuddin. Dakwah Pluralis: Upaya Meneguhkan Masyarakat Tanpa Konflik, Jurnal Pendidikan Islam IQRA STAIN Manado’, Vol. 11, No.2, Juli-Desember, 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2015
Syamsuddin, M. Din. Etika Agama dalam Membangun Masyaratak Madani, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 2002
Taher, Tarmizi. Menuju UmmatanWasathan: Kerukunan Beragama di Indonesia
Jakarta: PPIM IAIN Jakarta, 1998
Turner, Relasi Agama & Teori Sosial Kontemporer, Jogjakarta: IRCiSoD, 2012 Wahyuninto, Liza, Abd. Qadir Muslim, Memburu Akar Pluralisme Agama,
Zainuddin, M. Pluralisme Agama: Pergulatan Dialogis Islam-Kristen Di Indonesia, Malang: UIN Malang, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2707
Article Metrics
Abstract view : 274 timesPDF - 77 times 141-152 - 154 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)