Konstruksi Pemahaman Pluralisme dan Relevansinya dengan Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado

Rahmawaty Alkatiri, Rahmatias Jusuf

Abstract


Perjumpaan agama-agama merupakan fakta pluralitas di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara. Perjumpaan agama-agama memberikan keterbukaan interaksi yang memiliki peran penting menentukan kualitas hubungan antar umat beragama. Perjumpaan yang terjadi dapat membentuk interaksi sosial yang solid, dan memperkecil potensi konflik. Perjumpaan agama-agama tidak hanya sekedar pertemuan dua orang atau lebih pemeluk agama dalam konteks pribadi, tetapi perjumpaan yang dimaksud ialah perjumpaan dialogis untuk saling memahami proses peribadatan dan ritual keagamaan masing-masing dalam bingkai moderasi beragama. Dalam hal ini pendidikan agama sudah seharusnya lebih “didialogiskan” agar kegiatan edukasinya mampu menutrisi tumbuh kembang dan wawasan global siswa tentang pluralisme dan moderasi beragama. Moderasi beragama sebagai tahapan selanjutnya dari sikap pluralis dalam cakupan yang lebih luas. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis skala kecenderungan menggambarkan bahwa 68% siswa Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado memiliki tingkat pemahaman dengan kategori setuju terhadap sikap pluralis dan penerapan moderasi beragama dalam berbagai indikator diantaranya komitmen kebangsaan, anti kekerasan, tolerasi dan ramah terhadap budaya lokal di masyarakat. Konstruksi pemahaman yang tergambar adalah konstruksi pemahaman ekstrapolasi yang mencakup pemikiran atau prediksi yang dilandasi oleh pemahaman kecenderungan atau kondisi yang dapat dijelaskan oleh siswa dalam bersikap plural dan moderat. 

Kata kunci: Pluralisme dan Moderasi Beragama

Full Text:

PDF 141-152

References


Abdullah, M. Amin Abdullah. Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000

Abidin, M. Zainal. Argumen Pluralisme Agama Muhammad Syahrkr, Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol. 9, No. 2, Juli 2010

Arif, Mahmud. Pendidikan Agama Islam Inklusif, Jurnal Pendidikan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Vol. I, No. 1, Juni 2017

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Dianto, Icol. Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital, Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, Vol. 5, No 2, Tahun 2021

Herdiansyah, Haris, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2010

Hilmy, Masdar. Pendidikan Islam & Tradisi Ilmiah, Surabaya: Pustaka Adea, 2018 Kementerian Agama RI, Tanya Jawab Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang

dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019

Moleong, Lexy, Metododologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Mujiburrahman, Mengindonesiakan Islam: Representasi dan Ideologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Nuriz, Adib Fuadi. Problem Pluralisme Agama, (Ponorogo: Cios UNIDA, 2015 Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT

Remaja Rosdakarya, 2002

Rahman, M. Syaiful. Islam Dan Pluralisme, Jurnal Fikrah, Vol. 2, No. 1, Juni 2016 Rahmat, Noor. Relasi Dengan Tuhan III, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kelompok Gramedia, 2005

Salim, Arhanuddin. Dakwah Pluralis: Upaya Meneguhkan Masyarakat Tanpa Konflik, Jurnal Pendidikan Islam IQRA STAIN Manado’, Vol. 11, No.2, Juli-Desember, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2015

Syamsuddin, M. Din. Etika Agama dalam Membangun Masyaratak Madani, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 2002

Taher, Tarmizi. Menuju UmmatanWasathan: Kerukunan Beragama di Indonesia

Jakarta: PPIM IAIN Jakarta, 1998

Turner, Relasi Agama & Teori Sosial Kontemporer, Jogjakarta: IRCiSoD, 2012 Wahyuninto, Liza, Abd. Qadir Muslim, Memburu Akar Pluralisme Agama,

Zainuddin, M. Pluralisme Agama: Pergulatan Dialogis Islam-Kristen Di Indonesia, Malang: UIN Malang, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2707

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 77 times 141-152 - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)