Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Kenakalan Siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu

Nabila Mamonto, Mastang Ambo Baba, Zulkifli Mansyur

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan agama islam Dalam mengatasi perilaku kenakalan siswa di SMK Cokroaminoto Kotaamobagu. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk perilaku kenakalan siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu dan bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Kenakalan Siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu dan untuk mengetahui bagaimana upaya dari Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Kenakalam Siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Penelitian berlokasi di SMK Cokroaminoto Kotamobagu kecamatan kotamobagu Barat, Provinsi Sulawesi Utara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menuliskan kesimpulan. Teknik yang digunakan peneliti untuk mendapatkan keabsahan data adalah triangulasi data. yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa, bentuk-bentuk kenakalan siswa yang ada di SMK Cokroaminoto Kotamobagu yaitu dalam kasus ringan Tawuran, Membolos, Sering terlambat masuk sekolah dan memalak siswa lain di kelas. Upaya dari guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku kenakalan siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu yaitu dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, usaha preventif yaitu mengantisipasi terjadinya kenakalan. Kedua, represif yaitu bersifat mengatasi timbulnya kenakalan yang bisa lebih parah lagi. Ketiga, kuratif yaitu merupakan usaha terakhir dalam mengatasi kenakalan siswa.

Kata kunci : Guru PAI, Kenakalan,Siswa.


Full Text:

PDF

References


Adon Nasarullah Jamaluddin, Dasar-dasar Patologi Sosial, Jakarta: Grafindo Persada, 2003

Agus Sujanto, Psikologi Kepribadian, Jakarta : Aksara Baru,1984

Andra Tersiana, Metode Penelitian, ( Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia, 2022

Benazir Salwa, Lismawati, “ Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa berbasis kedisiplinan Studi kasus SMKS Miftahul Falah , Jurnal On Education, No.2, 2024

Boeree, George,Psikologi Sosial, Yogyakarta: Prismasophie, 2008

Bolmora. Com Kotamobagu, “ Pelajar Bolos Sekolah Kembali di Razia Satpol-PP Kotamobagu”, Bolmora 17 Oktober 2020. Diakses pada tanggal 18 Juni 2023, Pukul 14.00 WITA.

Dapertemen Agama RI, Pedoman Umum Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum Dan Sekolah Luar Biasa, Diakses pada tanggal 17 Juli 2023, pukul 08.20 WITA

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://typoonline.com/kbbi/kenakalan. Diakses pada 16 juli 2023, pukul 23.32 WITA

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://typoonline.com/kbbi/kenakalan. Diakses pada 16 juli 2023, pukul 23.32 WITA

Detik edu, “ 3 Cara mengatasi Kenakalan Remaja dan Faktor Penyebabnya, Rindang Krisnawati 30 Oktober 2023. Diakses pada tanggal 12 April 2024, Pukul 16.45 WITA.

Hadi Bagus Kurniawan, “Perilaku Memalak Siswa SMA Dan Manajemen Layanan Khusus Penanggulangannya”, Jurnal Manajemen Layanan Khusus 6, No. 2 2018

Iskandar, Perilaku Kenakalan Remaja di Desa Tubo Tengah Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene, Pare-pare: IAIN Parepare,2019

Janis Abriani, Peran Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja pada siswa SMP NEGRI 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Manado: IAIN Manado, 2019

Jasmisari Mutiara, Ganjar Ari Herdiansah, Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung, Padjajaran : Universitas Padjajaran, 2022

Kartini Kartono, Kenakalan remaja, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2017, h. 6

Kartono, Aspek-aspek kenakalan siswa menurut Kartono, Universitas Suska Riau. http://repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada tanggal 17 Juli 2023, pukul 09.36 WITA.

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan Edisi 2019

Kementrian Agama RI, Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 13, https://tafsirweb.com/4839-surat-al-kahfi-ayat-13.html. Diakses pada 15 Juli 2023, pukul 21.47 WITA

Kurniawan GA, Pengertian Wawancara menurut Sugiono, http://repository.unika.ac.id. Diakses pada tanggal 16 Juli 2023, pukul 12.00 WITA.

Lilis Karlina, Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja , Jawa Tengah : Universitas Kristen Satya Wacana, 2020

Maman Rachman, Strategi dan langkah-langkah Penelitian Pendidikan, Semarang: IKIP Semarang Press, 1993

Margono S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2005

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2019

Miharjo G, Pengertian Observasi menurut Sugiono, http://repository.stei.ac.id/3156/ 4/Bab%. Diakses pada tanggal 16 Juli 2023, pukul 11.53 WITA.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Moleong Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2002

Muhammad Agil Amin, Kenakalan Siswa Studi Tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasinya, Palopo : IAIN Palopo,2023

Nurlailah Rosyidah, Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja pada Siswa SMK Yayasan Cengkareng 2 Jakarta Barat, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,2017

Oktawati Winda, Kenakalan Remaja di Desa Paku di SMP 4 Kampar Kiri Kabupaten Kampar, Riau: Universitas Riau,2017

Pustaka Setia, Teori Kenakalan Siswa, http://repo.uinsatu.ac.id/11786/5/BAB%2011 . Diakses pada tanggal 17 Juli 2023, pukul 06.57 WITA.

Redaksi Kotamobagu Post, “Polres Kotamobagu ‘Ringkus’ dua Murid STM Cokroaminoto Kelompok Geng Motor Berseragam Sekolah, Kotamobagu Post 9 Agustus 2023. Diakses pada tanggal 12 April 2024, Pukul 13.00 WITA.

Risdiantoro Rindra, “Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi kenakalan Siswa di Sekolah”, Jurnal Bimbingan Konseling Islam, No 1, 2020

Risdiantoro Rindra, “Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi kenakalan Siswa di Sekolah”, Jurnal Bimbingan Konseling Islam, No 1, 2020

Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam, https://dosenmuslim.com/pendidikan/ruang-lingkup-pendidikan-agama-islam/. Diakses pada tanggal 17 Juli 2023, pukul 11.31 WITA.

Sahirun Drs H. A. Nasir, Peranan Pendidikan Agaama Terhadap Pemecahan Problema Remaja, Jakarta :Kalam Mulia jakarta,1999

Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2007

Sarwirini, Bentuk-bentuk kenakalan remaja. http://duniaremaja99.blogsport.com/2010/10/bentuk-kenakalan-remaja.html/diakses. Diakses pada tanggal 17 Juli 2023, pukul 08.08 WITA

Simanjuntak, latar belakang kenakalan anak, (Jakarta : Gunung, 1995), h. 35

Sri Yuliana, Peran Serta Tokoh Agama Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Desa Aikmel Utara, Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, Skripsi IAIN Mataram : Mataram,2001

Sudarsono, kenakalan Remaja, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001, h. 11

Sugiono, Pengertian Dokumentasi menurut Sugiono, http://eprints.uny.ac.id . Diakses pada tanggal 16 Juli 2023, pukul 12.00 WITA.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D

Sunarto dan Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Adi Mahasatya, 2006

Tim Penyusun Dapertemen Pendidikan Nasional, Definisi Upaya, Jakarta : Dapertemen Pendidikan Nasional, 2008

Totabuan Co, “ Terlibat Tawuran Polres Amankan Enam Pelajar”, Redaksi 8 Maret 2015. Diakses pada tanggal 18 Juni 2023, Pukul 15.00 WITA.

Tribun Manado, “ Bolos Sekolah, 6 Siswa SMK di Kotamobagu Ditemukan Asyik main Judi”, Handhika Dawangi 5 Februari 2015. Diakses pada tanggal 18 Juni 2023, Pukul 13.38 WITA.

Tulisan ini di ambil dari jurnal kenakalan remaja diakses melalui Etheses. UIN_Malang.ac.id /1713.5/064.

Wanto Ishak Talibo, M.Pd.I, Strategi Belajar Mengajar,(Surabaya : CV. Kanaka Media,2020

Yusuf Syamsu L.N., Sugandhi M. Nani, Perkembangan Peserta Didik, (Depok :Raja Grafindo Persada, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i1.3171

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)