Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Tanpa Kekerasan Dalam Konsep Sekolah Ramah Anak

Andi Darmawan Bongkang, Putri Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi nilai-nilai kedisiplinan tanpa kekerasan dalam konsep sekolah ramah anak. Kajian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dunia pendidikan dalam tindakan kedisipinan disertai kekerasan yang terjadi pada Lembaga formal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana Nilai-nilai kedisiplinan tanpa kekerasan? Dan Bagaimana implementasi nilai-nilai kedisiplinan tanpa kekerasan dalam konsep sekolah ramah anak? Permasalahan tersebut dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), yang sumbernya dari literatur primer yaitu panduan sekolah ramah anak oleh Asrorun Ni’am Sholeh dan menggunakan metode deskriptif-analitis untuk menjelaskan bagaimana implementasi nilai-nilai kedisiplinan tanpa kekerasan berdasarkan panduan sekolah ramah anak.

Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai disiplin dapat di bagi menjadi: Peraturan, hukuman, pennghargaan dan konsisten. Dari keempat tersebut, dapat menjadi acuan dalam pengembangan potensi anak terhadap etika, moral dan motivasinya. Sehingga penerapan tersebut dapat menghilangkan tindak kekerasan yang terjadi dilingkungan Pendidikan.Kesimpulannya, nilai-nilai kedisiplinan terdiri atas taat pada peraturan, menghindari hukuman, menghargai keadaan dan waktu serta menerima konsekuensi terhadap apa yang telah dilakukan. Konsep sekolah ramah anak menawarkan prinsip-prinsip subtantif dalam memaksimalkan nilai-nilai kedisiplinan tersebut untuk meminimalisir sampai dengan menghilangkan potensi kekerasan yang akan terjadi.

Kata kunci: Kedisiplinan, Tanpa Kekerasan, Ramah Anak.


Full Text:

PDF 115-127

References


Ardini, P. P. (2015). Penerapan Hukuman "Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anak". Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogia, 37.

Indonesia. (2013). Sistem Pendidikan Nasional (Pemenuhan Hak Anak). Jakarta: Undang-Undang SISDIKNAS No.20 Tahun 2013.

Indonesia. (2022). Panduan Pendidikan Pesantren Ramah Anak. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Indonesia, T. R. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

M Chusnuts Tsawab, d. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs NU Banat Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2.

Ngainun, N. (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurlaila. (2015). Ilmu Pendidikan. Palembang: Noerfikri.

Remiswal, d. (2018). Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam (Paradigma Membangun Sekolah Ramah Anak). Yogyakarta: DIANDRA.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 4.

Shaleha, R. (2022). Peluang dan Tantangan Pembelajaran PAI dalam mengadapi Pendidikan Abad 21. The 4th Annual Postgraduae Conference On Muslim Society (p. 1). Banjarmasin: UIN Antasari.

Sholeh, A. N. (2016). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Suryadi, I. (2023). Dampak Pendidikan Inklusif Terhhadap Partisipasi dan Prestasi Siswa dengan Kebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan West Science, 1.

Sutirna, H. (2013). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: ANDI.

Triwiyanto, T. (2017). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i2.3212

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 5 times 115-127 - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Teacher of Civilization : Islamic Education Journal

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)