Upaya Antisipatif Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku LGBT di SMK Negeri X Manado
Abstract
Penelitian ini membahas upaya antisipatif guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku LGBT di SMK Negeri X Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perilaku LGBT pada siswa dan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam menghadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku LGBT di antaranya adalah pelecehan masa kecil, perceraian orang tua, dominasi ibu, pergaulan bebas, dan pola asuh permisif. Upaya antisipatif yang dilakukan oleh guru meliputi memberikan motivasi, pembimbingan individu, serta pengawasan melalui pendekatan personal dan informasi dari siswa lain. Selain itu, guru juga memberikan peringatan dan hukuman jika diperlukan. Jika perilaku siswa tidak menunjukkan perubahan, langkah terakhir adalah memindahkan siswa tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran guru dalam mencegah dan mengatasi perilaku menyimpang di sekolah, serta menjaga lingkungan belajar yang positif dan aman.
Kata kunci: Guru PAI, LGBT, Siswa.References
Aryanti, Z. (2016). Faktor penyebab terjadinya LGBT pada anak dan remaja. In Proceeding Metro International Conference on Islamic Studies.
Aryanti, Z. (2016). Faktor resiko terjadinya LGBT. Nizham, 5(1), 1-10.
Abdullah, M. (2006). Sosiologi SMP/MTs Kls VIII. Jakarta: Grasindo.
Andu, C. (2021). Penggunaan media Grindr dikalangan gay dalam menjalin hubungan personal (Studi fenomenologi). Yogyakarta: K-Media.
Almubaroq, H. (2024). Jangan main-main dengan pendidikan atau akan lahir generasi mainan. Bandung: Emas Group.
Lilia, F. N. (2023). Pengasuhan anak jelang remaja (PAJAR): Membentuk orientasi seksual. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Oetomo, D. (2001). Memberi suara pada yang bisu. Yogyakarta: Galang Press.
Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 1-12.
Fatmawati, C. (2023). Terapi keluarga. Jakarta: NEM.
Fitria, I., Huda, K., & Kurnia. (2023). Memahami individu melalui psikologi perkembangan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Freska, W. (2023). Fungsi keluarga dalam mencegah kekerasan seksual pada anak. Cepokojajar: Mitra Edukasi Negeri.
Fatimah, F. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak melalui lectures vary. Jawa Barat: IAID.
Layantala, J. (2016). LGBT: Genetik, sosial, atau? Kompasiana.com. Diakses 15 Agustus 2016.
Lesmana, G. (2021). Bimbingan konseling populasi khusus. Jakarta: KENCANA.
Maftuhin, A. (2023). Menerjemah fikih sosial. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Mardiyati, A. (2015). Peran keluarga dan masyarakat dalam perlindungan anak mengurangi tindakan kekerasan. Jurnal PKS, 14(4), 1-10.
Miftakhuddin. (2023). Anakku belahan jiwaku. Jawa Barat: CV Jejak.
Muchith, S. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan Islam (PAI) berbasis moderasi beragama. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.
Musman, A. (2021). Sebuah panduan untuk menjadi diri sendiri. Jakarta: Anak Hebat Indonesia.
Mahwar, Q., & Abrori. (2017). Infeksi menular seksual. Pontianak: Pontianak Pershal.
Mustiāah. (2016). Lesbian, gay, biseksual and transgender (LGBT); pandangan Islam, faktor penyebab dan solusinya. Jurnal Sosial Horizon, 2(2), 1-12.
Nugroho, S., et al. (2022). Pengambilan keputusan menjadi homoseksual pada laki-laki usia dewasa awal. Makalah Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Purnomo, H. (2024). Bunga rampai psikologi remaja dan permasalahannya. Jawa Tengah: PT Media Pustaka Indo.
Sugiono. (2023). Pengertian dokumentasi menurut Sugiono. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sulistianti, A. (2021). Konsep penanggulangan perilaku menyimpang siswa. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Sitorus, M. (2020). Pokoknya ada pelangi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Syam, H. (2021). Theologi gender dan seksualitas. Jawa Timur: Qiara Media.
Uhbiyati, N. (2005). Ilmu pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i2.3214
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF - 42 times 142-157 - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 The Teacher of Civilization : Islamic Education Journal
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)