Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Muslim dan Kristen di SMPN 1 Modayag Kecamatan Modayag

Priya Dinda Kinasih, Rukmina Gonibala, Rhyan Prayuddy Reksamunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa muslim dan kristen di SMPN 1 Modayag Kecamatan Modayag. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory dengan pendekatakan kuantitatif, di mana penelitian ini bermaksud unutk mengetahui apakah terdapat hubungan sebab-akibat antara dua fenomena yang terpisah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel pada penelitian ini sebanyak 125 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel lingkungan sekolah dan variabel pembentukan karakter siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa muslim dan kristen di SMPN 1 Modayag Kecamatan Modayag. Hal ini dapat dijelaskan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 154,999 > 3,92 atau bisa juga dilihat dari taraf signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Hasil persamaan regresi linear sederhana adalah: Ŷ = 26,521 + 0,708X, yang menunjukan bahwa nilai koefisisen X sebesar 0,708 yang artinya bahwa jika nilai lingkungan sekolah nilainya bertambah 1 skor maka pembentukan karakter siswa akan bertambah sebesar 0,708. Sehingga dapat dikatakan bahwa terciptanya lingkungan sekolah yang mempunyai relasi guru dan siswa yang baik, relasi siswa dan siswa yang kondusif, dan tata tertib yang ditegakkan secara teratur dan konsisten akan membentuk karakter siswa yang disiplin, jujur, dan toleran. 

Kata kunci: Lingkungan, Sekolah, Pembentukan Karakter


Full Text:

PDF 158-173

References


Abuddin Nata (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Rajawali pers. Bukhari Umar (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Galeh Nur Indrianto (2012). “Hubungan Lingkungan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat Terhadap Karakter Siswa SMK Negeri Kelompok Teknologi Se- Kabupaten Sleman”, (Skripsi Sarjana, Fakultas TekniK Universitas Negeri Yogyakarta).

H. Bahari (2010). Toleransi Beragama Mahasiswa (Studi tentang Pengaruh Kepribadian, Keterlibatan Organisasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama, dan Lingkungan Pendidikan terhadap Toleransi Mahasiswa Berbeda Agama pada 7 Perguruan Tinggu Umum Negeri). Maloho Jaya Abado Press.

Haidar Putra Daulay dan Nurgaya Pasa (2016). Pendidikan karakter. CV. Man Haji.

Jurnal Al-Ulum (IAIN Gorontalo) Vol. 13 No.1.

Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan Johar Permana (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Rosdakarya.

Maqbul (2018). “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Krakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Bontoa Kcematan Tamalanrea Kota Makassar”, (Skripsi Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar).

Mastang Ambo Baba, (2018). “Dasar-Dasar dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam di Indonesia”. Jurnal Iqra’.

Muhammad Yaumi (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi.

Nik Haryanti, Ilmu Pendidikan Islam. Gunung Samudera.

Nur Ainiyah (2013). “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”.

Observasi dilakukan di SMPN 1 Modayag Kecamatan Modayag pada 4 Januari 2022. Dalyono (2012). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu.

Prenadamedia Group

Rahmat Hidayat (2016). Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Rajawali Pers.

Rifki Afandi (2011) . “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”, Pedagogia, Vol. 1, No. 1.

Rukmina Gonibala (2012). Meretas Kesetaraam Gender dalam Pendidikan Islam. UM Press

Rukmina Gonibala dan Nizma Syawi (2015). Model Pendidikan Islam Berbasis Karakter. LP2M IAIN Manado.

Samani (2012). Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV. Sudaryono, Gaguk Margono, Wardani Rahayu (2013). Pengembangan Instrumen

Suryadi (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya. Syafaruddin (2015). Inovasi Pendidikan. Perdana Publishing.

Suyadi (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Rineka Cipta

Syamsu Yusuf dan Nani M. Sufandhi (2011). Perkembangan Anak dan Remaja.

Syamsul Kurniawan (2013). Pendidikan Karakter. Arruz Media.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (2012). SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar. Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i2.3215

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 37 times 158-173 - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Teacher of Civilization : Islamic Education Journal

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)