PEMIKIRAN SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DAN RELEVANSINYA DI ERA MODERN
Abstract
Abstract
This research elaborates the education in accordance to Sheikh Nawai Al-Bantani. This research used library research with analytical study method. Analytical Studies used are analytical content and analytical descriptions of education according to Sheikh Nawai Al-Bantani. The results can be seen from the ideas of Shaykh Nawawi Al-Bantani which includes: 1. The Existence of the Universe, 2. Human Potential, 3. Human Existence, 4. Educational Objectives and 5. The principles of Islamic educational activities. Islam in Indonesia will certainly be able to develop meaningful indigenous Islamic traditions, which will be truly Islamic and creative. There were signs that contain an expectation for the future in dynamic educational and intellectual activities based on the development of Islamic school and universities in Indonesia.
Keywords : Biography, Education, Relevance.
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan konsep pemikiran pendidikan menurut Syekh Nawawi al-Bantani. Penelitian ini menggunakan data kepustakaan dengan metode analisa konten dan analisa deskripsi tentang pendidikan menurut Syekh Nawawi al-Bantani. Hasil temuanya bisa dilihat dari ide-ide pemikiran pendidikan Syekh Nawawi al-Bantani yang meliputi: 1. eksistensi alam semesta, 2. potensi-potensi Manusia, 3. eksistensi manusia, 4. tujuan Pendidikan dam 5. prinsip-prinsip aktivitas pendidikan Islam. Pemikiran al-Bantani dapat berkontribusi dalam perkembangan tradisi Islam pribumi yang bermakna, yang akan benar-benar bersifat Islami dan kreatif. Terdapat tanda-tanda yang mengandung harapan bagi masa depan aktivitas pendidikan dan intelektual yang dinamis didasarkan pada perkembangan sekolah dan universitas-universitas Islam yang berkembang di Indonesia.
Kata Kunci: Biografi, Pendidikan, Relevansi.
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: Mizan Publishing House, 2011.
Al-Qusyairi, Abu Al-Qasim Abd Karim, Al-Risâlah Al-Qusyairiyyah fi’Ilm Al-Tashawwuf, Damaskus: Dâr Al-Khair, 1988.
Amin Abdullah, Dkk, Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi Buah Fikiran Seputar “Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya”, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2004.
An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masayarakat, Jakarta: Gema Insani, 2004.
Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982.
Hurgronje, Snouck., Mekka In The Latter Parti of the 19t Century, Leiden: Brill. 1931.
Iskandar, Salman, 55 Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh, Solo: Tiga Serangkai, 2011.
Langgulung, Hasan., Manusia dan Peradaban, Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Al-Husna Zikra, 1995.
Maragustam, Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani, Yogyakarta: Data Media, 2007.
Mas’ud, Abdurrahman., Dari Haramaian Ke Nusantara; Jejak Intelektual dan Arsitek Pesantren, Jakarta: Kencana. 2006.
Muhammad ‘Atthiyyah AL-Abrasyi., Prinsip-prinsip dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia. 2003.
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Rahman, Fazlur, Islam & Modernity,Transformation of an Intellectual Tradition, Chicago: The University of Chicago Press, 1982.
Rokhim, Nur,. Kiai-Kiai Kharismatik dan Fenomenal, Yogyakarta: IRCisoD. 2015.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudhu’i atas Belbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1998.
Solihin, Rosihon Anwar, , Ilmu Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 2008.
Sulaiman, Fathiyah Hasan,. Konsep Pendidikan al-Ghazali, Jakarta: Perhimpunan Pesantren dan Masyarakat (P3M), 1986.
Suwito dan Fauzan, Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan, Bandung: Angkasa, 2003.
Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Syekh Muhammad Nawawi, Murah labayd, Mesir: Darul Ihya’Al-Kutb Al-‘Arabiyah, t.t.
Syekh Nawawi, Syarh Uqud al-Lujjayyin fi Bayan Huquq al-Zaujain, Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Thoha Putra, t.t.
Tebba, Sudirman., Mengenal Wajah Islam yang Ramah, Jakarta: Pustaka Irvan. 2007.
Bashori, “Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani”, HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 1 Januari-Juni 2017.
Hujair AH. Sanaky, “Mengembangkan Model Ideal Pendidikan Islami”, EL-TARBAWI, VOL. 7 NO.1 2014.
Ilyas, M. Azizzullah, “Ajaran Syeikh Nawawi al-Bantani Tentang Pendidikan Akhlak Anak”, AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2, 2018.
Rofik Maftuh, “Inklusisifitas Pemikiran Syaikh Nawawi al-Bantani; Studi Atas Konsep Ahl al-Fatrah dalam Tafsir Maraḥ Labid”, Jurnal MAGHZA, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni, 2018.
Salminawati, “Etika Pendidik perspektif Imam Al-Nawawi”, Jurnal MIQOT, Vol. XL No.2 Juli-Desember 2016.
Sanusi, Ahmad, “The Contributions of Nawawi al-Bantani In the Development of National Law of Indonesia”, AL-‘ADALAH, Vol. 15, Nomor 2, 2018.
Toni Pransiska, “Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik”, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, VOL. 18, NO. 2, Februari 2018.
Yahya Zahid Ismail, “Konsep Pendidikan Nawâwî Al-Bantani”, Ulûmuna: Jurnal Studi Keislaman, Vol.1 No.1 Desember 2015.
Ma‟ruf Amin dan M. Nashruddin Anshory Ch., “Pemikiran Syekh Nawawi al-Bantany”, dalam Pesantren, No. 1/Vol. V1/1989.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v4i2.1012
Article Metrics
Abstract view : 6627 timesPDF - 10780 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aqlam: Journal of Islam and Plurality
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rumah Jurnal IAIN Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by AQLAM: Journal of Islam and Plurality are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.