STRATEGI PEMBINAAN DAKWAH SYARHIL QURAN DI PADEPOKAN SYARHIL QURAN LAMPUNG

Handieni Fajrianty, Ressi Susanti

Abstract


Abstrak. Dakwah syarh al-Quran diperdengarkan dan ditampilkan pertama kali dalam ajang MTQ Nasional ke XV di Bandar Lampung pada tahun 1988. Konsep dakwah syarh al-Quran adalah dakwah dengan seni yang pertunjukkan oleh tiga orang dalam satu grup. Hingga tahun 2002, dakwah syarh al-Quran belum memiliki tempat yang baik di hadapan masyarakat, hingga lahirnya Padepokan Syarhil Quran Lampung yang secara intensif melatih dan membina para santri agar mampu sukses dalam pertandingan atau musabaqah dalam ajang MTQ baik tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional, juga sukses dalam performa mereka di hadapan masyarakat, barulah dakwah syarh al-Quran dikenal dan responsif di tengah masyarakat. Adapun strategi pembinaan dakwah yang dilakukan di tubuh Padepokan Syarh al-Quran adalah dengan pembinaan hafalan naskah syarahan al-Quran, pembinaan mental dari setiap anggota, latihan vokal dan performa tampil, pembinaan spiritual, dan pembinaan kekeluargaan.

 

Kata Kunci: Strategi Pembinaan, Dakwah Syarh al-Quran, Padepokan Syarhil Quran Lampung

 

Abstract. Syarhil al-Quranin  da’wah was first introduced and performed at the National MTQ XV in Bandar Lampung in 1988. The concept of Syarhil al-Quran da’wah is an art performance in a group of three people. Until 2002, this da’wah has not gotten a good accepteance in community. Then, the Padepokan for Syarhil Quran in Lampung was established to intensively train and coach santri in order to succeed the comig competition in the regional and national levels. Furthermore, they are to succeed performing in front of the community so that syarhil Quran is well known. The coaching strategy implemented at the padepokan are script memorising, mental coaching, vocal and performance exercising, spiritual coaching, and kinship coaching.

Keywords : Coaching strategy, Syarhil al-Quran da’wah,  the padepokan for Syarhil Quran Lampung


Full Text:

PDF

References


Ismail, A. Ilyas. Paradigma Dakwah Sayyid Quthub: Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Harakah, Jakarta: Penamadani, 2008.

Toto Tasmara. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Graha Media Pratama, 1997, h. 1

Effendy, Onong Uchjana., Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003.

-------. Peranan Komunikasi Massa Dalam Pembangunan, Yogyakarta: Gadjah Mada University, 1987.

Sapuri, Rafy. Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Rajafi, Ahmad. Narasi Syarhil Qur'an: Kompilasi Teks Syarhil Qur'an dan Model Pembinaannya, Bandar Lampung: Aura Publishing, 2013.

Arifin, Anwar. Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung: Amrico, 1994.

Sukayat, Tata. Kapita Selekta Syarhil Quran, Bandung: CMM UIN SGD, 2001.

Amirullah, Syarbini. Bunga Rampai Syarhil Quran, Banten: Mumtaz Press, 2007.

Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Husein al-Qusyairi an-Nisaburi. Shahih Muslim, Beirut: Dar Ihya' at-Turats al-Arabi, t.th.

Muhammad bin Ismail Abu Abdillah al-Bukhari. Al-Jami' ash-Shahih al-Mukhtashar, Beirut: Dar Ibn Katsir, 1987.

Muhammad Fuad abd al-Baqi. al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Quran, Beirut: Dar al-Fikr, 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v2i2.524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aqlam: Journal of Islam and Plurality



AQLAM
CrossrefMoraref logo_tuaMoraref logo_mudaGoogle Scholar logoAcademia-edu - new white logoMendeley logoIOS logoESJI logoresearchbib logoDRJIresearchbib logoRJI logoBASE logoPKP-Index logoissuu logoWorldCat logoneliti.com logoScilit logoneliti.com logo