Implementasi Penjaminan Mutu di Lembaga Pendidikan Islam; Studi Multisitus di MAN Model 1 Manado, MAN 1 Kotamobagu dan MAN 1 Kota Bitung

Feiby Ismail, Mardan Umar

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh pemahaman dan informasi terkait implementasi penjaminan mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam yaitu pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model 1 Manado, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kotamobagu dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bitung. FOkus penelitian ini adalah pada proses implementasi penjaminan mutu, dampak penjaminan mutu, faktor pendukung dan penghambat penjaminan mutu dan solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penjaminan mutu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam yang dilengkapi dengan teknik dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan meliputi proses alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi penjaminan mutu telah dilaksanakan dengan mengoptimalkan sumber daya madrasah yang tersedia. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model 1 Manado memiliki lembaga penjaminan mutu yang secara khusus melakukan kegiatan penjaminan mutu, sedangkan 2 situs  yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kotamobagu dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bitung tidak memiliki unit atau lembaga penjaminan mutu yang terorganisir namun pelaksanaan penjaminan mutu didelegasikan kepada Wakil Kepala Madrasah dan tenaga yang ditunjuk oleh Kepala Madrasah. Secara umum, implementasi penjaminan mutu di madrasah mengacu pada standar nasional pendidikan. (2) Dampak penjaminan mutu pendidikan di Madrasah terlihat pada meningkatnya prestasi siswa di bidang akademik, seni, dan olahraga sehingga memberikan penegasan bahwa madrasah memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan sekolah lain. (3) Faktor Pendukung penjaminan mutu di antaranya adalah dukungan peran Kepala Madrasah dalam menjalankan kepemimpinannya, semangat dan motivasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dukungan pemerintah dan Kementerian terkait, dan dukungan masyarakat. (4) Faktor penghambat penjaminan mutu pendidikan di Madrasah di antaranya adalah keterbatasan tenaga, fasilitas, sarana dan prasarana madrasah, dukungan dana dan dampak buruk dari perkembangan teknologi dan informasi.


Keywords


Penjaminan Mutu; Madrasah Aliyah.

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2014). Manajemen Madrasah dalam Upaya, Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Episteme, 8(2), 415–438.

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Ellong, T. D. E., & Pawero, A. M. D. (2018). Islamic Education Management for Millenial Generation; Quality and Competitivaness. In The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasbullah. (1996). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya (2nd ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maksum. (1999). Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos.

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.

Nata, A. (2001). Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Pawero, A. M. (2017). Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Policy, 2(2). https://doi.org/10.30984/j.v2i2.700

Pawero, A. M. D., & Dkk. (2019a). Contemporary Issues on Religion and Multiculturalism. Manado: Cv. Istana Agency.

Pawero, A. M. D., & Dkk. (2019b). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management. In Procceding The 2nd Annual Conference on Islamic Education Management (Vol. 53, pp. 1689–1699). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pawero, A. M. V. D. (2016). Internasionalisasi di Perguruan Tinggi Swasta. Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management In Education. IRCiSoD.

Sallis, Edward. (2012). Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan) (16th ed.). Jakarta: Erlangga.

Saputra, S. (2007). Konsep Penjaminan Mutu.

Suryosubroto, B. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i1.1119

Article Metrics

Abstract view : 833 times
PDF - 453 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)