Pendidikan Islam Dengan Nilai-Nilai Dan Budaya

Ishak Talibo

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan factor penting dan menentukan dalam kehidupan suatu bangsa yang berbudaya. Kemajuan suatu bangsa  sangat tergantung pada tingkat pendidikan yang diperolehnya. Sistem pendidikan Nasional dilaksanakan untuk meningkatkan kehidupan yang bermutu baik dalan arti moral spiritual  maupun mutu dalam arti intelektual professional. Pendidikan Islam merupakan bagian integral  dalam sistem pendidikan nasional memiliki konstribusi yang besar dalam penenam nilai-nilai dan budaya serta perilaku keberagamaan pada setiap diri seseorang. Penanaman nilai-nilai dan budaya pada seseorang atau sekolompok orang melalui pendidian Islam akan terbentuklah  sikap dan prilaku yang rujukan dan keyakinan dalam menentukan suatu pilihan bagi seseorang, yang tercermin dalam pola pikir, tingkah laku, dan serta sikap. Seperti kejujuran, keadilan, kebenaran dijadikan sebagai pegangan dalam hidupnya.

Kata kunci :     Pendidikan Islam, Nilai, Budaya

 

Abstract

Education is an important and decisive factor in the life of a civilized nation. The progress of a nation is very dependent on the level of education it receives. National education system is implemented to improve the quality of life both in terms of moral, spiritual and quality in the sense of professional intellectual. Islamic education is an integral part of the national education system which has a large contribution in the sixth of the values and culture and religious behavior in each person. The inculcation of values and culture in a person or group of people through the Islamic pendidian will form attitudes and behaviors that refer to and belief in determining a choice for someone, which is reflected in the mindset, behavior, and attitude. Like honesty, justice, truth is used as a guide in his life.

Keywords :     Islamic Education, Values, Culture


Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, M. A. (2003). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. (B. A. Gani & D. Bahry, Eds.). Jakarta: Bulan Bintang.

Almunawar, S. A. H. (2003). Aktualisai Nilai-Nilai Qurani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta.

Arif, A. (2008). Reformulasi Pendidikan Islam. Jakarta: CRSD press.

Arifin, M. (2004). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Bagus, L. (2002). Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia.

Bahasa, T. P. K. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Darajat, Z. (2004). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisal, J. A. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Gazalba, S. (2001). Asas Kebudayaan Islam Pembahasan Ilmu dan Filsafat tentang Ijtihad, Fiqih, Akhlak, Bidang-bidang Kebudayaan, Masyarakat, Negara. Jakarta: Bulan Bintang.

Getteng, A. R. (1997). Pendidikan Islam Dalam Pembangunan Moral. Makassar: Yayasan Al-Ahkam.

Kaheruddin. (2003). Pemikiran Nilai dan Etika Pendidikan Islam. Makassar: Yayasan Pendidikan Makassar.

Langgulung, H. (2002). Peralihan Paradigma Dalan Pendidikan Islam dan sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Mudyaharjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan; Sebuah Studi Awal Tentang dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Poerbawatja, S. (2000). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Qutb, M. (1998). Sistem Pendidikan Islam. Bandung: PT. AlMa’rif.

Redaksi Ensiklopedi Nasional. (1990). Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (I). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tilaar, H. A. R. (2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.936

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.