Efektifitas Strategi Pemasaran Digital Four Points by Sheraton Hotel Terhadap Penjualan Makanan dan Minuman Halal

Radjab Djamali

Abstract


Pada era digitalisasi sekarang, telah terjadi perombakan besar ? besaran terhadap lifestyle masyarakat, dari awalnya semua hal dari segi konvensional beralih ke medan yang lebih praktis yaitu penggunaan teknologi dalam segala aspek kehidupan. Rumusan masalah yang diangkat yaitu bagaimana strategi digital marketing konten instagram terhadap efektivitas penjualan makanan dan minuman halal di Hotel Four Points by Sheraton Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai strategi digital marketing konten Instagram terhadap penjualan makanan dan minuman halal di Hotel Four Points by Sheraton Manado. Kemudian data tersebut dianalisis dengan pendekatan teori segmentasi, targetting, positioning dan marketing mix (7P) yang memberikan pengembangan terhadap bidang kajian penelitian. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data analisis, Hotel Four Points by Sheraton Manado menerapkan segmentasi, targgeting dan positioning untuk mengelompokkan kelompok yang diramalkan akan menjadi repeater guest. Pada hal ini juga marketing mix (7P) tidak henti dijalankan melalui media Instagram untuk turut mengambil peran yang signifikan untuk memasarkan produk halal kepada followers maupun non ? followers.


Keywords


digital marketing; Four Points; halal

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. N. (2020). Niat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal Pada Remaja. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 111?128.

Anbiya, N. N., & Sofyan, A. (2021). Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 130?137.

Andari, N., & Wati, P. E. D. K. (2020). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Pelaku Home Industry di Desa Gedongkedo?an. Journal Community Service Consortium, 1(1).

Arianto, B., & Risdwiyanto, A. (2021). Kiprah Aktor Warganet melalui Media Sosial dalam Pemasaran Digital: Studi Kasus pada #HondaBeAT. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(1), 19?46.

Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM di masa pandemi melalui digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 2(1), 48?49.

Asmawati, A., Trimulato, T., & Ismawati, I. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Meningkatkan Minat Masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar Sulawesi Selatan. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 169?184.

Estriyanto, Y. (2020). Penguatan Ketahanan Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19 dengan Program Kuliah Kerja Nyata. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2).

Fachrudin, K. A., Tarigan, D. L., & Iman, M. F. (2022). Analisis Rating dan Harga Kamar Hotel Bintang Lima di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 3(3), 237?252.

Hakim, H. I., Ohorella, N., & Prihantoro, E. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111?122.

Halim, A., & Baroroh, N. (2021). Pariwisata Halal: Studi Komparatif Hotel Syariah di Yogyakarta dan Bali. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 15(1), 53?66.

Khotimah, L. K., & Santoso, I. H. S. (2022). Wardah dan Make Over: Potensi Product Switching berbasis Harga, Kualitas Produk, dan Kelompok Referensi. Jurnal E-Bis, 6(1), 339?349.

Mahesti, D., & Faristiana, A. R. (2021). Pendampingan Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing pada UMKM Bakpao Ijo Lumer. Sarwahita, 18(02), 157?171.

Mamengko, R. P., & Kuntari, E. D. (2020). Pengelolaan Pariwisata Bahari berbasis Community-Based Tourism dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Media Wisata, 18(1), 1?20.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Salda?a, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1?11.

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94?103.

Salsabila, A., Sudaryanto, E., Rizqi, M., & Romadhan, M. I. (2022). Pengaruh Efektivitas Pesan CSR melalui Instagram terhadap Pembentukan Citra lia s. Associates Branding dan Design Agency. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(1), 114?123.

Samsudin, M., & Waluyo, M. (2021). Analisis strategi promosi produk kopi tarik untuk meningkatkan volume penjualan pada divisi promosi dengan metode Swot dan Bcg di PT. XYZ. JUMINTEN, 2(2), 144?155.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41?47.

Syafril, S., & Hadziq, M. F. (2021). Islamic Principles in Marketing: An Overview of Islamic Marketing mix in Social-Media Campaign. El-Qish: Journal of Islamic Economics, 1(1), 69?82.

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29?53.

Yuliana, N., & Sos, Y. S. S. (2022). Pemanfaatan Media Internet Dalam Meningkatkan Peran Komunikasi Generasi Milenial Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Waetele, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 1(2), 150?166.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajiel.v2i2.2223

Article Metrics

Abstract view : 1109 times
PDF - 461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Rumah Jurnal IAIN Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 


All publication by Al-'Aqdu: Journal of Islamic Economics Law is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-'Aqdu: Journal of Islamic Economics Law, ISSN 2807-7830 (Cetak), ISSN 2807-7342 (Online)